Halal Itu Cantik

Assalamu'alaikum blogger cantik.

Ini pertama kalinya saya membuat postingan dalam blog tentang makeup dan kosmetik yang saya gunakan saat ini. Saya akan sedikit mengupas tentang kosmetik dan cantik dalam dunia wanita yang sekarang ini sedang ramai sekali dan banyak sekali wanita yang mengubah dirinya untuk menjadi cantik.
Berbicara soal kosmetik, pasti sangat erat hubungannya dengan dunia wanita. Hampir setiap wanita tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik. Mereka, termasuk saya, selalu berlomba-lomba untuk mempercantik diri. Membuat penampilan terlihat sedap dipandang, menyenangkan, dan tentunya mendapat predikat cantik. Ada yang berusaha dengan membeli kosmetik dengan brand terkenal yang cenderung pasti mahal, dan yang paling parah itu operasi plastik alis 'oplas' dan mengubah wajah menjadi orang lain. Yup, demi untuk menjadi cantik. Tapi aku gak sampe kayak gitu loh ya, hehe. Cukup dengan menggunakan kosmetik halal dan terjamin gak berbahaya.

Kosmetik halal? Pernah kepikiran gak?

Selama ini yang banyak sekali dibicarakan adalah soal makanan dan minuman halal dan pastinya akan mendapat label halal dari MUI. Dan untuk saat ini sedang ramenya bahas soal kosmetik halal.
Apa itu kosmetik halal??
Banyak sekali produk kosmetik yang beredar di pasaran, bahkan para produsen pun dengan nakalnya banyak menipu konsumen dengan iming-iming menjadi cantik secara instan, tanpa kita tahu produk seperti apa itu, hanya untuk meraup keuntungan bisnis. Dan banyak sekali wanita yang terkecoh dengan hal ini. Kebanyakan wanita ingin terlihat cantik secara instan tanpa tahu efek ke depan yang akan ditanggung dengan membeli produk kecantikan yang beredar luas. Apa produk-produk tersebut halal?? Banyak juga wanita yang telah mengalokasikan dana tertentu hanya untuk membeli kosmetik dengan harga jutaan rupian untuk terlihat cantik. Mungkin kosmetik mahal akan menjamin wajah terlihat cantik dan mempesona, tapi, apakah kosmetik-kosmetik mahal tersebut terjamin kehalalannya? Pertanyaan dasarnya adalah, apakah pernah kepikiran untuk membeli kosmetik halal dan sesuai dengan syariah islam? Padahal kosmetik tersebut selalu melekat pada wajah kita. Apakah bisa dibuat untuk sholat? Apakah air wudlu bisa terserap sempura oleh kulit kita yang tertutup kosetik tersebut? Dalam blog ini, saya akan sedikit membahas itu.
koleksi wardahku :)
Menurut sepengetahuan saya agar kosmetik bisa dinyatakan halal maka harus mendapat sertifikasi dari LPPOM MUI. Oke, tidak sebatas itu, mari kita telusuri lebih lanjut lagi.

Bagaimana mengetahui kehalalan suatu kosmetik?

Memang tidak mudah untuk mengetahui secara kasat mata, karena kosmetik terdiri dari berbagai macam bahan ataupun senyawa. Dan banyak juga senyawa turunan yang kadang namanya mengecoh. Misalnya saja protein babi yang sudah diturunkan menjadi berbagai macam senyawa lainnya.
Berikut ini ada beberapa nama paten yang biasanya terdapat dalam komposisi kosmetik yang bersifat mashbooh dan berasal dari hewan: allantoin (alantoin), asam amino, cholesterol, kolagen, colours/dye, cystine (sistina), elastine, gelatine (gelatin), glycerine (gliserin), hyaluronic acid (asam hialuronat), hydrolysed animal protein, keratin, lanolin, lypids, oleic acid (asam oleat), stearic acid (asam stearat), stearyl alcohol, tallow (lemak hewan), vitamin A. Ada juga bahan lain yang memang telah dinyatakan haram oleh LPPOM MUI dan harus benar-benar dihindari oleh penggunak kosmetik yaitu Sodium Heparin yang berasal dari babi dan Plasenta yang biasanya berasal dari manusia, kambing, atau sapi. (dikutip dari Yahoo.she)

Lantas apakah kosmetik yang berasal dari bahan alami itu halal? Oh, tentu tidak. Kehalalan kosmetik bukan hanya dilihat dari komposisinya saja, namun juga dari segi produksinya, pengepakan, bahkan pengirimannya juga. Semua harus dilakukan sesuai dengan syariah islam. Nah, selanjutnya adalah tugas bagi LPPOM MUI untuk melakukan sertifikasi dari produk tersebut.

Produsen yang mengajukan sertifikat halal untuk produknya harus melampirkan sertifikat halal pada setiap komposisi yang digunakan secara keseluruhan serta proses dari pembuatan produk tersebut. Setelah itu tim auditor dari LPPOM MUI akan melakukan pemeriksaan dan melakukan penelitian di laboratorium, selanjutnya hasilnya akan dievaluasi oleh berbagai macam pihak yang terkait seperti ahli gizi dan pangan, biokimia, dan yang lainnya. Jika dari hasil evalusi telah memenuhi syarat, maka produk tersebut akan disidangkan dalam sidang komisi fatwa MUI untuk memutuskan kehalalan produk tersebut. Jika dari sidang masih terdapat hal yang belum memenuhi syarat maka produk tersebut akan dikembalikan ke produsen untuk dikaji ulang. Sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Fatwa MUI hanya berlaku selama dua tahun. Dan
dalam rentang waktu tersebut pihak produsen harus bisa menjamin kehalalan produknya dan melakukan laporan secara periodik (6 bulan sekali) ke LPPOM MUI. Kadang bila diperlukan LPPOM MUI akan melakuakn inspeksi secara mendadak dengan membawa surat tugas. (dikutip dari wikipedia-LPPOM_MUI)

Nah, secara awam kita sebagai konsumen hanya melihat sertifikat halal dari LPPOM MUI. Jadi sekarang tidak perlu kuatir lagi karena sudah ada kosmetik yang telah bersertifikat halal yaitu Wardah kosmetik. Sungguh menggembirakan, kita bisa tampil cantik namun tetap sesuai dengan syariah islam.

berpose dengan bedak padat dan bedak taburku
bedak padat no. 2
Kenapa harus bermakeup?
Makeup bagi seorang wanita bukan sekedar penghias wajah belaka. Saat kamu makeup, semuanya harus dimulai dari hati (Novel 2, Dhonny Dhirgantoro). Yup, itu benar sekali. Saat menghias wajah kita harus menggunakan dengan hati kita, agar kecantikan kita terpancar seutuhnya. Saat menyapukan bedak di wajah, maka kita akan membuat wajah kita semakin merona dan bercahaya. Dari rona wajahlah kita akan mebuat hidup kita semakin bercahaya. Itulah wanita cantik.
Berhati-hati dan harus pintar menggunakan bedak sesuai dengan kondisi yang akan kita hadapi. Kalo saya lebih memilih bedak tabur yang natural jika digunakan untuk ke kantor atau acara santai. Dan untuk ke acara resmi seperti undangan pernikahan barulah saya menggunakan bedak padat dari Wardah. Sesuai dengan kebutuhan dan akan tetap terlihat cantikCantik yang halal.
mascara dan shading wardah
Selanjutnya adalah mempercantik mata. Kata pepatah "dari mata turun ke hati" itu mungkin ada benarnya. Karena dengan melihat kejujuran yang terpancar dari mata kita, maka akan bisa melihat seberapa dalam hati kita. Sungguh. Mata tidak pernah bohong. Kalo kita ngantuk maka mata akan menjawabnya, hehe. Wanita sangat erat sekali hubungannya dengan isyarat mata, maka dari itu mari kita mempercantik mata kita dengan yang halal. Tapi perlu untuk diingat mempunyai mata yang indah dan cantik bukan berarti bisa dengan bebas menggunakan mata kita. Kecantikan mata harus tetap didampingi dengan perilaku santun sesuai syariah islam.
lipstick dan lipstick
Bibir seorang wanita adalah bibir yang harus selalu mengeluarkan kata-kata yang santun, bukan kalimat yang sembarangan. Saat menggunakan lipstick maka dalam hati kita harus selalu terucap bahwa nantinya kita akan selalu mengeluarkan kalimat yang baik dan menyejukkan. Tapi bukan berarti kalimat yang keluar dari bibir wanita adalah kalimat yang lemah. Wanita bisa mengeluarkan kata-kata yang tajam dan penuh dengan tekanan. Kata-kata wanita bisa menjadi lebih berani jika kita memerlukannya. itulah bibir yang cantik.

Kalo saya lebih suka menggunakan Hydrogloss-nya wardah untuk di kantor, karena di ruangan ber-AC maka bibir akan terhindar dari kekeringan. Tetap terlihat cantik dan halal.
wardahku
saya suka wardah :)
Kenapa harus Wardah?
Karena Wardah merupakan kosmetik di Indonesia yang telah memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI, serta menggunakan teknologi yang modern dalam menciptakan kosmetik yang berkualitas dan selalu mengutamakan pripsip yang menjadi dasar kosmetik.

3 prinsip Wardah kosmetik: (dikutip dari: Wardah)
1. Pure and Safe
Produk Wardah mengandung bahan yang aman dan halal. Hal ini dimaksudkan agar setiap wanita yang menggunakannya akan merasa nyaman. Satu hal yang menjadi landasan utama sebagi konsep kecantikan Wardah adalah kulit wanita Indonesia membutuhkan perawatan secara menyeluruh, karena kulit kita berbeda dengan kulit wanita di benua lainnya. Pada saat proses produksi, produk Wardah diawasi oleh para ahli dan dokter yang bersangkutan. dan hal yang penting pula adalah sebelum produk Wardah dipasarkan maka harus dilakukan blind test agar produk dipastikan aman bagi konsumen. Karena bagi Wardah keamanan konsumen adalah prioritas utama.
Keunggulan produk Wardah adalah kosmetik yang tidak mengandung Hydroquinon, kosmetik yang lembut, dan diformulasikan secara tepat.

2. Beauty Expert
Wardah semakin berkembang seiring dengan kebutuhan wanita untuk berkosmetik. Memang citra awal Wardah adalah untuk wanita muslimah, tapi sekarang telah banyak dinikmati oleh wanita dari berbagai macam kalangan. Wardah pun tidak berhenti untuk berkreasi, mulai dari kosmetik untuk wajah hingga berinovasi pada produk perawatan kulit yang berkelas tinggi. Dari sini dapat dibuktikan bahwa Wardah menempatkan wanita Indonesia sebagai primadona dan dengan berkosmetik akan semakin menguatkan karakter wanita Indonesia.

3. Inspiring Beauty
Kecantikan wanita selalu mengispirasi Wardah kosmetik untuk menciptakan produk kosmetik terbaru. Wanita Indonesia adalah wanita yang pintar dan dinamis, dimana mereka selalu mengerti kebutuhan dan perkembangan zaman. Tapi wanita Indonesia tetap berpegang pada budaya ketimuran. Selalu membuat dirinya cantik, selalu mencintai diri sendiri, dan selalu mencintai lingkungan sekitar dengan hati yang terdalam. Wanita yang seperti inilah yang selalu jadi inspirasi Wardah untuk selalu mendampingi kecantikan wanita Indonseia.

Memang, definisi cantik dari setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang melihat dari segi fisik dan bilang kalo fisik itu segalanya. Tapi banyak juga orang yang beranggapan kalo cantik dari dalam atau inner beauty itu lebih penting. Ada orang yang lebih suka terlihat natural tanpa makeup ada juga yang sebaliknya. Ada yang bilang kalo cantik itu terlihat dari bagaimana kita bersikap dan bertutur kata. Itu semua opini kita masing-masing. Kalo saya berdandan yang sesuai dengan hati kita dan jangan menor itu sudah cukup. Intinya adalah bagaimana menutupi hal tidak ingin saya perlihatkan atau menutupi kelemahan saya dengan menggunakan makeup. Dan bagaimana saya bersopan santun dalam bertindak dan selalu menunjukkan perilaku saya sebagai wanita islam. Halal itu cantik
Menjadi cantik itu mudah dan mudah pula mendapatkan kosmetik yang halal, sungguh menyenangkan bukan??

Sedikit tips dari saya, penulis blog ini, untuk memilih kosmetik yang halal, antara lain:
1. Pastikan bahwa kosmetik tersebut telah terdaftar di BPOM, dan jangan membeli kosmetik yang beredar di pasaran tanpa ada ijinnya.
2. Patikan juga kosmetik tersebut telah mendapat sertifikat halal.
3. Sedikit banyak mari belajar tentang komposisi dari kosmetik. Pada tulisan di blog ini tadi juga telah sedikit memberikan informasi dan semoga bisa membantu.
4. Kenali produsen dari kosmetik itu. Jangan membeli kosmetik yang tidak terpercaya.
Gimana? cukup mudah bukan? Semoga semua informasi di blog ini bisa membantu setiap wanita yang ingin tampil cantik. Sekali lagi saya tegaskan jangan sembarangan berdandan dan memakai kosmetik. Ingin terlihat cantik tapi tetap harus berada dalam syariah islam. Suatu keuntungan yang sangat hebat bukan?

Tulisan di blog ini diposting dalam rangka mengikuti kompetisi blog #KosmetikHalal dari blog HALAL is my Life dengan tema "Mempercantik Diri dengan Kosmetika Halal" yang diadakan oleh BLOGdetik yang bekerja sama dengan LPPOM MUI dengan menggandeng produk kosmetik Wardah dalam rangka mensosialisasikan Halal is My Life periode 8 Juli - 24 Agustus 2012.

Oke, semoga tulisan di blog ini bisa menginspirasi setiap wanita cantik yanga ada di dunia ini. Ingat semua wanita itu cantik dan bersyukurlah.
Terima kasih, Wassalam.

81 comments:

  1. wuwuiiii...
    kamu kudu ngajarin aku make barang2 seperti itu ay :D
    nice post...
    *sebenernya aku cuma liat foto2mu sih :D
    bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo cus, kita belajar dandan rame2 :D
      makasih yaa :*

      Delete
  2. nice article, nice photograph.

    kosmetik harus yang halal, dan membuat diri kita semakin cantik, hoo..

    semoga menang lagi ya yu :)

    ReplyDelete
  3. Ih cantiknyaa.. make up nya bagus banget..
    beda banget loh yu'..
    itu produk wardah semua ya Yu?
    aku mau ah pake wardah..

    ReplyDelete
  4. wakakakaakakakak ngakak liat gambar-gambarnya.
    senyumnya maksa... pisssss ^_^v

    nice posting gan. (terus postingan ini buat apaan ya?? (-_-")a ane kan cowo )

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat lw klo malem renk, hahhahaha
      apa buat calon istri entar...

      Delete
    2. gak tau ini tiba-tiba suruh di buka
      kirain cerita ato apaan. eeeeehhhhhh ternyata -_____-"

      ya udah daripada gak ninggalin jejak
      komen seadanya aja
      wakakakakakakakak (ngakak sambil guling2). pisss ^_^v

      Delete
    3. Renker mau bilang gw cantik aja malu :p

      Delete
  5. ajarin aku dandan yuuuuu ajarin make tu produkkk

    ReplyDelete
  6. @renker kayanya komen nya dari hati yang terdalam hahhaha...

    ReplyDelete
  7. Wiihh, review nya dong tentang produk nya, blom pernah pake wardah ak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. next post yah mbak, saya juga pengen kasih reviewnya. :D

      Delete
  8. wooo.. aku seserahan pake produk wardah.. *padahal aku gtw gmna make nya.. cuma beli buat ngelengkapin aja.. hehe.. :D

    moga ntr klo aku uda "halal", bisa pake make-up.. ajarin ya, yuuu.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ntr ke acaranya mbak Rainy harus dandan nii..
      ayoo mbak belajar, biar si masnya makin cinta :)

      Delete
  9. eng ing eng.. wakil SQA product dateng..

    ini citra? bukan citra ini,, citra g gini de.. "pura-pura terpesona"

    berhubung bunda aq perias pengantin,, bisa aq rekomend in ini brand..

    oh iya kalo ada yg mau di rias waktu nikah hubungi saya yaa.. ^^a

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini ayu citra, heheh
      wahh boleh tu apalagi kalo riasnya gratis.. tp btw ini siapa hayoo??

      Delete
  10. kok aku pangling ya liat photonya... kekekek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pangling mbak, aku ada di depanmu,, hehe

      Delete
  11. heheh pake wardah bisa bikin kinclong gt ya *brb beli wardah*

    ReplyDelete
  12. Luar biasa yu,, Lanjutkan lah perawatan kecantika luar dan dalam hhhehheheh

    ReplyDelete
  13. wiiikk.. mbak ay lhoo pinter make up..
    cantik oonn.... pengen pengen pengen pengennn (♥θ♥)
    ajarin mbak... T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini sini sini,, entar aku ajarin nduk :)

      Delete
  14. brb nyusul rina. semoga menang lagi :D

    ReplyDelete
  15. hmmm... tambah ayu si ayuk, cantik luar dalam insyaAllah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasih mbak,, mbak aiu juga cantik :)

      Delete
  16. hadirrr :D
    smg bermanfaat :D

    bole mampir kesini yaa...akun kampus :D
    tenday@student.eepis-its.edu

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas, ntr q jalan2 ke sana, makasih :)

      Delete
  17. maap slah link
    https://student.eepis-its.edu/~tenday/

    ReplyDelete
  18. wooooow bangeeeet gituuu mbaak :D
    kira2 kalo aku di dandani gt bisa cantik gag yaa...pesimis akuu:D.wkwkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaaa sayaangggsss... ayoo sini tak dandani :)

      Delete
  19. wih,,,, Cantikkkkk
    ajarin dandan yuk,,,,,

    ReplyDelete
  20. wahhh,, q juga pake wardah mbak,, :) ,,

    mbk ai,, ayoo maen ksbya lagi,, eheheh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebaran aku pulang ke sidoarjo ta, ayo maen ke rumahku :)

      Delete
  21. waaahhh,,,cantiikk mbaakk,, :D boleh tuh dicoba,,,tapi ajarin dandan yak :p

    ReplyDelete
  22. hadduuuhhhh pake wardah yaaaa... saya jadi pengen pakeeee... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tom,, plisss yaaa.. kasih ke calonmu aja sih daripada kamu yang pake.. hehe

      Delete
  23. eke juga pake wardah..
    maknyuuuussssss gitu looohhhh..
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nope, ngasal ini mestii...
      tapi kalo Wardah emang maknyusss..
      purchase buat ibu sm calonmu kur.. :)

      Delete
  24. ibuku, nenekku , tante ku semua pakai wardah fan hasilnya luar biasa memuaskan...


    like this kata mereka

    ReplyDelete
  25. Yuukkkkk yang Foto jilbab abu2 pegang product warda nthu kamu taa????
    hahhahhahaha
    kok beda yaa??? :-D

    ReplyDelete
  26. modelnya tuh mbak ayu sendiri kah? pangling aku mbak, kosmetik jadi mempengaruhi penampilan. wkwk. nice info mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang ini mbak Ayu...
      kosmetik mempercantik, asal jangan pernah jadi orang lain yaa,, tetep jadi diri sendiri :)

      Delete
  27. eeemmm,.,.saya tidak biasa dengan hal-hal tabu seperti itu,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,, sedikit banyak mari dibiasakan untuk memakai kosmetik ya Alif. Soalnya ini salah satu bekal kita nanti untuk membahagiakan suami :D :D

      Delete
    2. pake kosmetik sotoshop bisanya,. :D hehehe

      Delete
  28. akika juga pake wardah nek..
    hasilnya, lpindo brantas cyiiiiiiiiinn....
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu..bisa aja nih kamu..
      ayoo kasih tau ibu km aja :)

      Delete
  29. waa.. ayu makin cantik pake wardah. mau juga nih beralih ke wardah. sukses yaa blog nya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Okta.. sukses juga ya buat kamu :D :D

      Delete
  30. Replies
    1. Makasih cantik.. :D
      mbak tetep sama kok sayang :)

      Delete
  31. wew... aku ketinggalan...
    lucu web-nya
    aku suka warna pink-nya... ^_^

    ReplyDelete
  32. loh itu fotomu?? kok bedo karo biyen wajahmu??
    trus saiki jadi tukang bedak juga ternyata. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. loohh,, itu aku mas.. tetep sama kayak dulu,, gak pernah mengubah wajah :p
      aku gak jadi tukang bedak mas -,-"

      Delete
  33. yes..i'm cantik when i use wardah kosmetik,,
    cantikmu karena kosmetik halalmu sayang,,
    nice post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih umiikk sayaang :*
      tapi aku tanpa kosmetik tetep cantik loh miik, apalagi kalo ud pake wardah, dobel deh cantiknya.. heheh

      Delete
  34. :D belum pernah pake wardah. Boleh nih dicoba..
    yang nyontohin keliatan cantik soalnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak U'ul dicoba dulu nanti pasti lebih cantik :)

      Delete
  35. Subhanallah manisnya, hehe
    kamu sekarang tampil beda Aiy, good looking deh pokonya.
    artikelmu juga lengkap banget, mengupas tuntas soal kosmetik. Memang sekarang banyak sekali kosmetik2 yang beredar di masyarakat secara luas dan bebas tapi dengan membaca ini aku jadi ada panduan untuk memilih kosmetik dengan benar.
    Makasih ya Aiy, sukses buat kamu, sukses buat kamu da masmu juga ya :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... makasih ya Nia...
      doakan bisa istiqomah cantik luar dalam yaa :)
      Soal2 kosmetik2 itu aku juga baru aja mengenal, trus coba2 pake eh ternyata cocok, akhirnya aku terusin pakenya.

      "sukses buat kamu, sukses buat kamu da masmu juga ya :) :)"
      aamiin,,makasih banyak ya dear :* :*

      Delete
  36. You look so beautiful. I do love ur makeup, so simple but very nice.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sooo mucch chan. I do love ur style too :)

      Delete
  37. Beauty makeup, simply and fresh.

    ReplyDelete
  38. itu eyeshadownya seri apa, mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak salah sih seri D yang warnanya ungu tua, pink sama putih kalo gak salah, :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^