Hidup Sehat

Setiap manusia pasti ingin mempunyai hidup yang sehat dan bugar serta bebas dari penyakit. Tapi kesehatan dan kebugaran itu tidak datang secara instan. Harus ada usaha untuk memperoleh dan mempertahankannya. Semenjak saya terkena flek paru, saya mencoba untuk memulai pola hidup yang lebih sehat, dan lebih teratur. Yaitu dengan cara mengatur pola makan dan olahraga. Saya menjadi seorang yang pemilih makanan tapi kalo makanannya enak-enak yang gak usah dipilih, langsung masuk perut saja, hehe. Maksud saya adalah lebih memfilter makanan yang masuk ke dalam tubuh saya, yaitu dengan memilih makanan yang lebih sehat.

Hal-hal yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
Mengurangi jumlah nasi yang masuk ke dalam tubuh, bukan tidak makan nasi sama sekali. Saya masih makan nasi 3 kali sehari tapi lebih sering 2 kali sehari. Karena jika terlalu banyak makan nasi bisa jadi cepet ngantuk. Selanjutnya adalah asupan buah. Kalo soal buah saya sangat berterima kasih sekali kepada catering kantor jadi saya bisa makan buah 3 kali sehari setiap hari. Khamasamnida :) Dan yang tak boleh ketinggalan adalah perbanyak minum air putih alias air mineral dan kurangi minum es atau soda. Alasannya sih kalo menurut saya pribadi, soda atau es hanya memberikan rasa segar yang sebentar saja dan mengandung banyak bahan-bahan yang saya sendiri tidak tahu. Tapi kalo air putih kan lebih sehat bebas bahan kimia.

Yang penting selanjutnya adalah olahraga. Dulu, saya masih suka jogging pagi pas weekend tapi itu tidak efektif buat saya. Alasan yang pertama adalah malas bangun pagi, yang kedua polusi. Tapi lebih banyak malesnya sih, hehe. Nah, beberapa bulan terakhir ini saya mengikuti senam erobik dan yoga di kantor. Saya lebih bisa konsisten dan disiplin mengikuti senam ini. Awalnya memang berat, tapi lama kelaman jadi terbiasa terutama pada yoga yang masih sangat baru buat saya. Sore hari ini tadi instruktur mengajari senam BL (Body Language) dan cukup menguras tenaga sih. Paling tidak otot terbiasa latihan dan tidak kaku dan bisa mengeluarkan keringat. Itulah yang saya harapkan dari megikuti senam ini, mengeluarkan keringat. Dengan begitu toxin yang ada di dalam tubuh akan keluar dan tubuh menjadi lebih segar. Hal ini juga harus dibarengi dengan kualitas tidur malam yang baik, jangan terlalu sering begadang ya.

Itu saja sih tips dari saya untuk menjaga tubuh agar lebih sehat. Bonus tipsnya dalah jangan lakukan diet yang berlebihan karena itu bisa membahayakan tubuh kita. Cukup dengan mejaga konsistensi pola hidup yang lebih teratur. Ladies, yuk mari hidup lebih sehat =D

6 comments:

  1. setuju mbak,
    masa baru jam 11 pagi, vey udah ngantuuukk.. -_-
    padahal tidurku cukuplag delapan jam. tapi emang sih kebanyakan makan nasi. -_-
    harus dikurangi, hehe...

    ReplyDelete
  2. saya udah mulai mengurangi makan nasi :)
    bukan biar kurus, tp demi kesehatan. bismillah aja :)

    ReplyDelete
  3. kalau saya olahraga sudah mulai berkurang, tp minum air mineral malah bertambah, malah dalam sehari bisa lebih dari 12x mondar mandir ke kamar kecil buang buang air kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho.. gapapa sih gan asal jangan kesringan yang bersoda aja :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^