[Prompt #13] Pak Wo

credit: Dok. pribadi RinRin Indrianie
Keramaian warga semakin memuncak, pun dengan amarah yang tak tertahan lagi. Banyak warga yang sudah membekali diri dengan obor yang berkobar seakan siap melalap warung kecil pinggiran beserta pemiliknya. Terlihat beberapa sesepuh desa dan ustad yang mencoba untuk meredam amarah warga.

"Kita selesaikan baik-baik dulu. Saya dan pengurus desa lainnya akan menggeledah warung Pak Wo dan memeriksa lontong kupangnya."

"Halah. Kita semua sudah tau kalo Pak Wo ini punya jin agar dangangannya laku."

Warung Pak Wo memang terkenal, meskipun warungnya kecil dan di pinggiran jalan tapi warung lontong kupangnya selalu ramai oleh pengunjung. Tak jarang, pengunjung yang datang bisa menghabiskan 5 piring lontong kupang sekaligus. Warga berasumsi bahwa Pak wo memelihara jin sebagai penglaris warungnya.

Seorang warga menyeret Pak Wo keluar dari warungnya, sementara pengurus desa menggeledah paksa semua perkakas yang ada di dalam warung. Tak ada keganjilan sedikitpun yang ditemukan oleh pengurus desa. Sementara seorang ustad sedang sibuk berkomat kamit mengelilingi warung Pak Wo.

"Ampun Pak, Kulo mboten ngingu jin. Kulo cuman ndamel resep turunan saking leluhur."

"Kaspo sampeyan itu Pak Wo!"

Ustad pun mengatakan bahwa warung Pak Wo tidak ada jin sama sekali. Namun beberapa warga tetap berteriak saling bersahutan, mereka meminta agar Pak Wo di usir dan membakar warung miliknya. Serasa tak puas, seorang warga yang sedari tadi mencengkeram leher belakang Pak Wo balik badan dan menuju warung itu lagi.

"Panganan kuwi mesti diwenehi sempakmu yo ben enak?!" Teriaknya dari balik warung Pak Wo.

Pak Wo hanya menggeleng pasrah saat dandang kupangnya diaduk kasar lalu ditumpahkan ke lantai tanah warungnya. Amarah warga mulai menyusut saat tak ditemukan bukti kecurangan pak tua tersebut

Sesuai kesepakatan warga dan pengurus desa, akhirnya Pak Wo tetap dibiarkan tinggal di desa itu dan berdagang lontong kupang seperti sedia kala.

*****

Bangun mendahului matahari dan menyiapkan kayu bakar untuk memasak kupang di dalam dandang. Dengan penuh hati-hati Pak Wo memasukkan rempah ke dalam masakannya beserta resep warisan leluhur, 3 cangkir air kencing pertama di pagi hari.

*****

Keterangan:
kulo mboten ngingu = saya tidak memelihara
cuman ndamel = hanya menggunakan
saking = dari
kaspo sampeyan = kamu berbohong
panganan kuwi mesti diwenehi sempakmu yo ben enak = makanan itu pasti dikasih celana dalam agar enak
dandang = panci besar

Note: Cerita ini terinspirasi dari salah satu warung bakso yang ada di tetangga desa saya dimana ditemukan celana dalam pria di dalam kuah bakso.

39 comments:

  1. haiiiiiz :P
    tapi konon katanya emang ada loh ygv kayak gini...pake sendallah, kolor lah..smoga bukan salah satu langganan kuliner kita hehe

    ReplyDelete
  2. huahhhh gk enak, ternyata mbak eee, ada sesuatu yg ganjil,, hukhuk... :(

    ReplyDelete
  3. katanya sih pipis pagi emang bagus buat kesehatan.. tapi lagi lagi "katanya" lho..hehe

    ReplyDelete
  4. ternyata kamu orang jawa toh..? hehe

    ReplyDelete
  5. Huaaa.. celana dalam dalam dandang masakan??? Hueeekkk...

    La itu Pak Wo malah lebih parah lagi, kasih kencing.. hiiiiii...

    Keren mbak ceritanya.. ^^

    ReplyDelete
  6. Haishh... yucitt.. kmu bikin aku waswas nih klo beli bakso T_T
    *sambil golek sempak nang mangkok :p

    ReplyDelete
  7. iya dulu sempet santer mengenai penjual baso yang memasukan celana dalam nya :) nice article!

    ReplyDelete
  8. Waduhhh jadi mikir2 deh kalau beli hahahaha

    kerenn ceritanyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bismillah..positif thingking aja mbak gak ada apa2 :)

      Delete
  9. waduh, di bagian pertama aku kasihan sama Pak Wo itu. Ternyata, memang benar yah, nggak usah dikasihani deh si bapak, tega banget ..

    ReplyDelete
  10. bener2 tidak terduga nih edingnya keren

    ReplyDelete
  11. Iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiyyyyy nggilaniiiiiiiiii..... itu celana sebelum dicemplungin dicuci dulu ndak? Ato jangan-jangan bekas pake? Huweeeeeekkkkk.....

    Tapi ceritanya keren hehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya yang bekas pakai itu lebih nikmat mbak.. katanya loh yaa... hihihi

      Delete
  12. Senyum dingin# muntah # kabur aja deh*kapok mrono meneh #eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. piiissss mbak.. tapi jangan kapok mampir kesini yaakk :)

      Delete
  13. ih amit2 semoga gak ada pak wo di kehidupan nyata.
    ide ceritanya yahud, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja.. terima kasih kunjungannya :)

      Delete
  14. Naujubillah. mudah-mudahan bukan bakso langgananku.. hiiiyyyy
    serem ceritanya mbak... bikin begidik..

    ReplyDelete
  15. "Ancene kaspo sampeyan iku, Pak! Nggilaaaaani, Cak!"
    :D

    ReplyDelete
  16. wekekekekeke sebagian emak2 langsung huek2 stlh tau pak Wo trnyata ngasih uyuh :D. tapi bisa jadi obat lho katanya, napa gak skalian uyuhnya org hamil aja sih, kan lebih sehat *idupinkompor *siap2ngambil2sendalyangdipakebuatnimpuk :))))

    ReplyDelete
  17. iih...resep rahasianya kok gitu-gitu amaaaat....

    ReplyDelete
  18. Duh, mbaknya bikin pingin muntah. :D

    ReplyDelete
  19. ah. tiba2 pengin makan rawon mas won :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^