Blogwalking

Pagi tadi ada seorang teman yang bertanya kepada saya, saat saya membuka begitu banyak blog dalam browser. Kenapa saya harus membuka begitu banyak blog dalam satu waktu, apa ya dibaca semua? Tanya-nya. Dan saya menjawab bahwa itu adalah blogwalking atau kita mengunjungi blog lain. Dan dalam postingan ini saya akan sedikit membeberkan kebiasaan blogwalking saya yang sebenarnya biasa-biasa aja sih, hehe.

Blogwalking biasanya saya lakukan di pagi hari. Dan tujuan blogwalking saya yang pertama adalah semua blogger yang telah berkunjung ke blog saya dan meninggalkan jejak atau komentar pada postingan. Pada saat itu, memang saya tidak akan langsung membalas komen yang ditinggalkan pada postingan saya karena terlebih dulu saya akan melakukan kunjungan balik pada blogger-blogger tesebut. Bagi saya, kunjungan balik terhadap blogger yang telah mengunjungi blog kita merupakan satu etika dalam ngeblog. Ah, intinya saya gak mau dicap sombong karena tidak mau melakukan kunjungan balik, hehe.

Tujuan blogwalking selanjutnya adalah update postingan pada blog-blog yang saya ikuti. Kan, pasti muncul pada halaman blogger, jadi semakin mudah bagi saya untuk mengakses blog yang ter-update. Biasanya juga lapak-lapak giveaway itu suka saya kunjungi, hehehe.

Nah, kenapa sih harus blogwalking? Selain tidak mau dicap sombong, sebenarnya banyak sekali keuntungan yang bisa diambil dari kegiatan saling berkunjung ini. Menurut saya, diantaranya:
  1. Ajang silaturahmi dan menambah teman. Walaupun hanya sebatas dunia maya, tapi silaturahmi dan teman virtual juga mempengaruhi banyak hal dalam hidup saya. Teman virtual yang mampu memberikan motivasi yang sangat luar biasa. Saya pernah menulis tentang betapa nikmatnya mempunyai teman virtual dalam postingan yang berjudul: Suka Duka Ngeblog.
  2. Meningkatkan trafik blog. Secara tidak langsung, dengan blogwalking, blog kita pun akan dikunjungi balik oleh blogger lain. Kunjungan-kunjungan tersebut akan berpengaruh pada trafik blog, bukan?
  3. Mendapat informasi. Nah, ini termasuk manfaat yang tak boleh terlewatkan. Akan banyak sekali informasi yang kita dapat dari kegiatan blogwalking, termasuk info giveaway aatu kontes, hehe.
  4. Stimulasi ide. Blogwalking bisa sangat berguna untuk memunculkan ide-ide tersembunyi dalam otak kita. Saya biasanya blogwalking ke beberapa blog tertentu untuk memunculkan ide menulis flashfiction.
  5. Refreshing. Udah gak perlu dijelasin pasti uda pada ngerti :p
Beberapa poin tersebut merupakan manfaat dari blogwalking, jika ada yang ingin menambahkan silahkan bisa memberikan pendapatnya pada kolom komentar yang tersedia. Dan, satu hal yang harus diperhatikan selama blogwalking adalah etika. Biasanya tercermin dengan cara kita berkomentar. Ya, gunakan kalimat yang sopan dan kalo bisa gak keluar dari topik postingan (biasanya terjadi pada blog yang dofollow). Patuhi aturan pada masing-masing blog yang kita kunjungi, misal: jika blog tersebut tidak menginginkan ada link hidup atau promosi dalam kotak komentar ya jangan dilakukan. Gak enak kan kalo nanti komennya dihapus?

Mari budayakan blogwalking yang sopan dan beretika :)

50 comments:

  1. salam kenal yaa.. lagi blogwalking saya nih,,,hehe

    ReplyDelete
  2. aku juga suka blogwalking, tapi yah kalo mau komen suka bingung juga >.< ahh,hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan bingung, cukup kasih komentar sesuai topik dan pendapat kamu aja.
      yang penting sopan dan gak OOT :D

      Delete
    2. hehe nah itu dia ka, kdg suka rada lola dikit :p jadi kdg klo BW ya cuma baca2 aja, gak komen hhe

      Delete
  3. betul mbak.. paling nyebelin kalo kita uda berkali-kali berkunjung ke bl0g seseorang, eeh dianya cuma asik postiiiiing mulu ga pernah kunjungan balik, tapi semakin lama ya blog dia semakin sepi.. memang yang seperti itu blogger yang gak beretika sama sekali.. hohoo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahhh.. aku setuju mbak.. saling bertamu itu lebih baik kok :)

      Huwaaa.. aku gak bisa masuk blognya sampean.. kirain inetku error atau pake proxy. tak coba buka pake hape baru bisa... >.<

      Delete
  4. iyaaaa bener yaaa, blogwalking itu wajib dan etika bloggger :)

    ReplyDelete
  5. Sebenarnya sebelum buka blog sendiri, aku lebih suka blogwalking dulu,, biasanya aku langsung tertarik sama judul yg muncul di dasbor ku. cuma suka baca-baca doank...., mo komen, agak-agak malu gitu krna blum begitu kenal... hehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ajak kenalan aja mbak, biar kenal. aku kadang juga sksd gitu heheh

      Delete
  6. siip boss, logika nya memang begitu metodenya saling memberi dan menerima.
    terima kasih sudah berbagi. Salam.

    ReplyDelete
  7. Mari bersemangat Blogwalking.

    Sama tante, eh Mbk Aiyu deng. Saya biasanya juga melakukannya ketika parkiran agak sepi jadi tidak terganggu saat enak enak membaca postingannya rekan - rekan.

    Namun saya suka menyebutnya Blusuk'an.

    Hehe *(ala jokowidodo

    ReplyDelete
  8. he-eh, saya juga suka kunjungan balik sama yang ninggalin jejak
    *kalau gak lupa :p

    seru ya pagi2 baca dashboard ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pagi soalnya pas belum ada kerjaan kantor, mbak. tapi kalo ada kerjaan paling malem aku baru BW, hehe

      Delete
  9. samaaaa, tiap pagi saya juga suka blogwalking, nyari-nyari informasi terbaru, hunting giveaway dll :))

    http://ladyditazahara.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooss...sesama pemburu giveaway.
      lain kali gak usah ninggalin link ya, pasti aku kunjungi balik kok

      Delete
  10. betull, setuju ayu..
    sayangnya lagi hiatus posting tapi bw tetep jalan donk :p

    ReplyDelete
  11. Setuju,, bermanfaat nih postingannya ^^

    tryamoore.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Setuju, neng. Apalagi di point ningkatin silaturrahim. Biar domisili di ujung sumatera, bisa punya temen dimana-mana ^_^

    ReplyDelete
  13. Setuju mbak e..
    Paling sebel kalau ada yang nginbox ke aku disuruh mampir ke blognya. Eh udah sering mampir, sekali aja dia kagak pernah main ke blogku. Serasa diabaikan >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. weww.. ada yang sampe inbox minta blognya dikunjungi.. weeww

      Delete
  14. Setuju sekali dengan Artikel ini. Karena media sosial kan bersifat ke banyak arah.
    Salam blogger ^^

    ReplyDelete
  15. Hehehe, saya juga suka blogwalking mbak, biasanya siang kalau lagi suntuk dengan kerjaan. Maunya sih sehari bisa komentar di 10 blog gitu. Tapi misalnya kalau saya nemu banyak komentator di artikel (seperti di artikel ini) ya saya... tergerak untuk mengunjungi blog-blog komentator ini dan meninggalkan jejak di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu sama saya mas, saya juga seperti itu :)

      Delete
  16. betul banget mbak, kita tidak boleh sombong terhadap sesama manusia di dunia nyata dan dunia maya. Apalagi kita semua orang indonesia, kita harus punya rasa nasionalisme yang tinggi, rasa persaudaraan yang kuat, agar apa? agar indonesia bangkit kembali menjadi macan asia

    ReplyDelete
  17. Setuju sekali, bahwa blogwalking itu harus disamakan dengan kunjungan silaturakhim antar blogger. Bunda sudah membiasakan hal ini sejak beberapa waktu yang lalu, menyediakan waktu seberapa yang bunda bisa luangkan.

    ReplyDelete
  18. udah terbukti ini postingan nya. Buktinya beberapa postingan saya di komentar, dan komentarnya juga sangat berbobot. Ahh..jadi nge-fans sama mba yg satu ini..Hehe

    ReplyDelete
  19. @Ayu Citraningtias, blogwalking memang penting.....kadang aku juga dapat ide menulis setelah membaca postingan/artikel dari teman2 blogger.... :-)

    #salam kenal ya :-)

    ReplyDelete
  20. stimulasi ide itu bener banget karena kita semua menulis dengan harapan bisa memberi inspirasi bagi yang membaca ya ^_^

    ReplyDelete
  21. Saat ini saya juga sedang menikmati blog walking. Bewe itu enak ya... :)

    ReplyDelete
  22. Hello!. .
    Just blog walking. .
    :)

    selain ada motivasi spiritual (sliaturahmi) juga terkadang ada motivasi materi, well, semuanya sah2 saja, selama saling memberi manfaat. .
    :)

    ReplyDelete
  23. setuju banget nih mb :)
    blogwalking itu perlu bgt, bs nambah inspirasi :)

    ReplyDelete
  24. Terimakasih sob atas pengertiannya... jadi pengetahuannya tentang blogwalking semakin menambah,,,
    salam kenal ya http://blogku-al.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^