Nyeri Payudara Menjelang Menstruasi

Nyeri Payudara Menjelang Menstruasi
Sebelumnya maaf jika postingan ini agak vulgar bagi sebagian orang. Saya rasa informasi tak akan pernah rugi jika disebarkan ^^

Kejadiannya tadi pagi saat meeting, saya berkata kepada rekan kerja wanita bahwa bagian dada saya sedang nyeri karena seminggu lagi adalah periode saya untuk mens. Ya, mereka menanggapi biasa, namun ada seorang yang menanggapi serius. Katanya begini: Periksa aja, nanti kena tumor, lho. Deg. Kok jadi agak takut ya dengan ucapan tersebut.

Akhirnya saya browsing sana sini untuk mencari tahu gejala pra-mens-sindrom. Khususnya tentang nyeri pada payudara. Dari yang saya dapat, nyeri pada payudara seminggu atau lebih sebelum masa mens itu wajar. Bahkan untuk beberapa perempuan akan mengalami pembengkakan dan nyeri di bagian nipple. Penyebabnya adalah hormon yang tidak seimbang, yaitu estergogen yang lebih rendah dibandingkan progesteron. Hal ini menyebabkan ukuran payudara bisa lebih lebar dan lebih sensitif terhadap rasa nyeri.

Namun yang harus diwaspadai adalah letak rasa nyeri tersebut. Apakah pada titik tertentu atau seluruh bagian payudara. Jika rasa nyeri pada seluruh bagian payudara dan memang dekat dengan masa mens, kemungkinan besar itu memang pra-mens-sindrom. Namun, jika rasa nyeri hanya pada titik tertentu dan dijumpai benjolan, maka lebih baik diwaspadai. 5 jenis nyeri pada payudara yang perlu wanita tahu bisa baca artikel dari vemale.com, klik di sini. Untungnya dalam waktu dekat ini saya baru saja melakukan medical chekup di kantor dan saya meminta bu dokter untuk memeriksa bagian dada. Aman, insyallah.

Sedikit tips dari saya untuk mengurangi rasa nyeri menjelang mens yaitu:
  • Gunakan bra yang nyaman, sebaiknya bukan bra yang berkawat. Bisa menggunakan sport bra.
  • Makan sayur dan buah yang mengandung serat. Biasanya pra-mens, wanita lebih cenderung memilih makan yang asin dan gurih namun ini harus dikurangi.
  • Minum vitamin atau obat pereda nyeri. Saya sih gak begitu menyarankan obat pereda nyeri selama kita masih bisa menahan rasa nyeri tersebut.
Ladies, jangan pernah anggap sepele apa yang menjadi aset kita ^^

36 comments:

  1. Biasanya jangan obat penyeri bisa diganti obat analgesik (obat sakit kepala) yg biasa kita pakai biar ga ketergantungan hehehe, bukan kanker kok itu, mamah juga nyaranin jangan pakai bra yang berkawat dan berbusa, cmiiw :)cepet reda kakaknyaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih gak pernah minum obat pereda nyeri, bel. Udah biarin aja.
      Td semavam parno aja ada temen kayak gtu. Untungnya abis MCU ^^

      Delete
  2. Lho kok saya bisa nyasar ke posting ini.
    Heheeeheeee.
    Bersyukur saya buka cewek.
    Namun hal yang seperti ini sangat bermanfaat untuk banyak umat perempuan.
    Dan bagi laki-laki juga harus waspada, apabila gejala yg sperti ini terjadi dengan teman atau istri anda sendiri.
    Joss Mbk Yu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uda siklus jadi ya disyukuri aja. Bener tuh cowok juga harus ngerti :)

      Delete
  3. sport bra itu yang kaya gimana ya ???

    #polos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke toko baju trus tanya sama SPGnya, Meg.. huaahahah

      Delete
  4. Hindari bertemu pacar... untuk mengurangi nyeri saat bersentuhan #eh

    ReplyDelete
  5. makasih ya dik Infonya, setidaknya untuk referensi keluarga terutama istri..
    mudah2an tdk terjadi apa2 dgn adik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas. terima kasih kunjungannya :D

      Delete
  6. duluu pacarku juga spt itu, sepertinya itu hal yg normal ya pada wanita yg lagi haid #sok tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian besar wanita mengalaminya, kok :)

      Delete
  7. Uhuk...uhuk...
    Kalau soal beginian nggak ngerti sob. Daerah sensitif seseorang soalnya. Yang komen ada yang lucu juga sarannya. Hindari bertemu dengan pacar.....

    ReplyDelete
  8. bermanfaat sekali postingannya Mbak,
    sebagian wanita memang sering merasakan nyeri saat mens..
    ternyata pnyebabnya hormon yang tidak seimbang @.@

    ReplyDelete
  9. satu lagi, klo tidur ga usah pake bra atau pake yg longgar biar sirkulasi darahnya lancar. Biasa, klo masih gadis memang hormonnya masih tinggi jadi PMS-nya lebih terasa. Klo saya skrg udah gak ada gejala PMS yg aneh2 lagi, paling2 jerawat, muka berminyak, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sebagai lelaki sering lho tidur tanpa baju tanpa celana hanya selimutan (kalo cuaca panas).....
      hahhahaa.....
      dan rasanya emng lebih nyaman #jangan ngeres

      Delete
    2. @Bunda Hana, Bener bunda, kalo tidur malam sebaiknya tubuh dalam keadaan free agar aliran darah lancar.

      @Dihas, gak tanya weekkk :P

      Delete
  10. Saya juga sering seperti itu pas PMS (sekarang).

    ReplyDelete
  11. pengetahuan baru, walau bukan wanita, paling tidak ini bermanfaat bagi saya kedepannya

    ReplyDelete
  12. Insyaallah berguna walaupun yang baca laki laki karena bisa menasehati teman ataupun istri. :)

    ReplyDelete
  13. saya juga lagi mengalami tuh (masa period tinggal menghitung hari)
    biasanya siih seminggu sebelum si 'tamu' datang payudara udah terasa nyeri, pake bra emang kebiasaan yg biasa, gak suka banget deh pake yg berkawat, apalagi minum obat, gak banget mending istirahat yg banyak ajah klo udah gak tahan.

    anyway, makasih Yu, udah berbagi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, banyak temennya ternyata..
      makasih kembali, mbak :)

      Delete
  14. kalo ga pernah ngerasa nyeri apa wajar juga? saya biasanya sumbilangeun kalo nyeri pada payudara ga pernah kayaknya ._. cuman badan kerasa pada pegel, iya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar ajasih menurutku. tapi ada temen yang gak pernah nrasa nyeri PMS tau2 bisa dapat nyeri dan akan terasa sakit.

      Delete
  15. thank you for sharing this information

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. istri saya juga gitu klo menjelang datang bulan, ntah klo besok2 klo sekarang lagi hamil soalnya :)

    ReplyDelete
  18. Ada juga model push up bra kalo gak suka pake sport bra

    ReplyDelete
  19. i like this information, thank you :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^