Jogja, Yang Kurindu

Semalam, sahabat sedari kuliah mengatakan sedang plesir ke jogja, menikmati malam di sebuah angkringan. Ah, saya rindu saat-saat itu. Akhir tahun lalu kami menikmati pesona pantai di jogja dan juga mengunjungi kawasan mistis yang ternyata fotonya sudah ada di draft postingan saya sejak beberapa bulan yang lalu. Pada kunjungan ke jogja tahun lalu, hari pertama, kami menikmati 3 pantai di daerah gunung kidul. Dan untuk hari kedua kami berwisata sejarah yaitu ke candi borobudur, prambanan, dan lereng gunung merapi tepatnya ke desa tempat (Alm) Mbah Maridjan tinggal. Peringatan: postingan ini akan banyak sekali foto narsis :p

Candi Borobudur

Perjalanan pagi dengan menyewa mobil dengan tujuan pertama ke candi borobudur. Candi yang sempat menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia ini sebenarnya terletak di derah Magelang, dan merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Sayang ya, sudah tidak masuk kriteria keajabian dunia, tapi bagi saya kuil Buddha ini tetap keren dan luar biasa. Bahkan menurut desas-desus sejarah, candi borobudur tidak diketahui kapan kali pertama dibangun. Ada yang mengatakan para nenek moyang membangun candi ini tidak menggunakan semen melainkan hanya dengan putih telur. Jika dilihat dari segi relief dan struktur yang cukup kompleks, berarti nenek moyang kita adalah orang-orang yang kuat dan luar biasa. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung, belum begitu ramai dan tidak panas.


Relief Candi Borobudur
Patung Buddha Candi Borobudur
Stupa Candi Borobudur
Candi Borobudur

Candi Prambanan

Seperti halnya candi borobudur, prambanan juga merupakan bagian dari warisan dunia UNESCO. Hanya saja pada saat saya berkunjung kesana, kondisinya sangat memprihatinkan. Banyak sekali candi-candi kecil yang rusak karena gempa dan di beberapa candi pun sedang dilakukan perbaikan. Untuk memasuki candi utama saja harus menggunakan safety helm dan beberapa bagian candi Hindu ini ditutup karena ditakutkan akan runtuh. Yang lebih disayangkan lagi adalah pas kesana hujan pun datang, huhu. Semoga saat ini candi-candi yang rusak segera diperbaiki lagi.

Candi Prambanan
Candi yang hancur di Prambanan
Candi yang rusak di Prambanan
Candi Prambanan

Lereng Merapi

Tujuan terakhir adalah ke lereng gunung merapi, melewati jalan kecil yang sudah beraspal di kali gunung. Sudah cukup ramai dengan pengunjung lainnya baik lokal maupun manca negara, beneran banyak bule cakep disini, hehe. Setelah sampai di jalan ke arah rumah (Alm) Mbah Maridjan banyak sekali penjual di sisi-sisi jalan, dari yang berjualan makanan khas sampai kaos dan DVD merapi. Saya dan rekan langsung terpesona dengan persewaan motocross yang diparkir, 50rb perjam dan diantar oleh mas-mas berkeliling lereng serta singgah di rumah simbah. Untuk ke rumah simbah harus melewati jalanan yang cukup mistis bagi saya, bangunan-banguan yang terabaikan, semak belukar yang cukup tinggi, sepi, dan dingin.

Omahe Mbah Maridjan
Rumah Mbah Maridjan
Perabotan di rumah mbah Maridjan
Perabotan di rumah mbah Maridjan

Kesan yang saya dapatkan saat berkunjung ke rumah simbah adalah campur aduk rasanya, ada sedih, haru, dan luar biasa jika bisa mengenal sosok beliau yang bernama asli Mas Panewu Surakso Hargo dan telah mengabdikan seluruh hidupnya sebagai abdi dalem keraton. Ada satu nasehat dari simbah yang ditulis dalam sebuah banner di depan bekas rumahnya yang sudah menjadi tanah, yaitu:

"Ajining menungso iku gumantung ana ing tanggungjawabe marang kewajibane. (Kehormatan seseorang dinilai dari tanggung jawab terhadap kewajibannya.)"

Motocross di lereng merapi

Ya, itulah kunjungan wisata saya dan rekan di Jogja. Jika ada umur panjang, semoga saya bisa bertandang ke Jogja dan kembali mengeksplor tempat bersejarah lainnya. Jujur, saya rindu romantisme malam di jogja, kuliner murah, dan belanja murah. Jogja, yang kurindu, semoga semestamu tetap berada di sisimu.

27 comments:

  1. kangen borobudur cape naik cape turun, haha

    ReplyDelete
  2. Aku juga ingin ke jogja.. semoga terlaksana aminnn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. jangan lupa ke angkringan kopi joss mbak :)

      Delete
  3. saya juga kangen dengan jogja dulu waktu ke jogja ada beberapa pengalaman yg menarik jd suatu saat mungkin akan mempertimbangkan untuk pergi kesana lagi...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiikkkk.. selalu ada kenangan menarik di jogja kan mbak :)

      Delete
  4. Weleeh, itu motornya dijalankan gak sih, Yu? :D

    Aku juga udah lama enggak ke yogyes. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah. itu aku mah mejeng doang, gak berani pakenya padahal sama masnya boleh dipake sampe jam berapapun, akunya yg nyalinya ciut, jalannya batu semua haha

      Delete
  5. jogja emang berkesan.. setiap sudut jogja romantis... :D

    ReplyDelete
  6. Jogja memang keren, sayang aku belum kesana. Next deh :)

    ReplyDelete
  7. Waaa asik banget yu jalan2nya. Aku blm pernah ke rumahnya mbah maridjan.
    Btw itu foto terakhur keren banget lho ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayokk mbak main ke jogja, aku pengen ke lereng merapi lagi trus sewa jeep biar bisa keliling lebih jauh lagi.

      Delete
  8. dua kali ke lereng merapi, tp ga pernah ktemu bule cakep :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha, aku kesan apas tahun baru jadi kayaknya emang musim liburan mba jadi rada rame

      Delete
  9. Aku belum pernah ke Jogja T___________T

    ReplyDelete
  10. wuiihhh keren mbak itu 3 dara naek motornya wkwkw bisa jadi konspe foto yang bagus hehe.... mantap dah saya palings suka foto candi prambanan yang dingin adem itu keren yah sehabis hujan jadi seger.... hhehe jogja emng mantap dah ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahha, fotonya buat mejeng doang itu mas.
      kalo pas abis ujan emang sih seger tp kalo pas ujan y apaess mas :(

      Delete
  11. sudah lamaa banget saya ke Borobudur, jadi pengen lagi :)

    ReplyDelete
  12. Artikelnya bikin inget jogja -__-" salam kenal mbak

    ReplyDelete
  13. .awas, Yu! ati2 kalo mo ngetril, entar malah nabrak omahe mbah Marijan, lho ... :)

    ReplyDelete
  14. hahahahy jogja memang ngangenin ya ayu.
    yuk main2 ke jogja lg.
    btw semoga lancar persiapan nikahannya yu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^