#SARERUNNING Pocari Sweat

#SAFERUNNING Pocari Sweat. Community Office Run Clinic - Jababeka Runners

#SARERUNNING Pocari Sweat
Nomer bib saya, kelihatan kan kalo datangnya kepagian :)

Selasa kemaren, saya mengikuti Office Run Clinic yang diselenggarakan oleh Pocari Sweat dan Jababeka Runners melalui undangan untuk klub lari yang saya iktui, RunLyss. Acara ini ternyata sudah dilaksanakan beberapa kali di beberapa kota, dan sekarang giliran untuk daerah Cikarang. Acara dimulai dengan registrasi yang bertempat di Senior Living Jababeka D'Kahyangan. Setengah 7 kira-kira acara dimulai.

#SARERUNNING Pocari Sweat
Mas Hendra, founder Jababeka Runners
#SARERUNNING Pocari Sweat
Alsa Oriza, perwakilan dari Pocari Sweat
Coach Matias Ibo, pemateri #SAFERUNNING

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan perkenalan produk sponsor, penjelasan tentang ION tubuh, dan pentingnya ION bagi tubuh saat berlari. Jadi cairan tubuh atau sekedar minum air mineral diperlukan dalam 3 waktu yaitu sebelum berlari, pada saat berlari, dan sesudah berlari. Diusahakan minum 30 menit sebelum berlari, selanjutnya 15 menit saat berlari, jika melakukan long run maka setiap 15 menit tentunya dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Lalu sesudah berlari usahakan untuk minum sebanyak cairan tubuh yang hilang. Disini juga dijelaskan pentingnya minum air ION, bukan sekedar air mineral biasa karena cairan tubuh yang hilang itu bukan hanya air biasa. Jadi, pada saat berlari tubuh kita akan mengeluarkan ION yang rasanya asin misalnya keringat, urin, dan air mata. Keluarnya keringat tersebut sebagai bentuk pendinginan alami dari dalam tubuh kita karena pada saat berlari suhu tubuh akan meningkat. Jika saat berlari kita tidak bisa mengeluarkan keringat bisa jadi kita mengalami Heatstroke yaitu peningkatan suhu tubuh secara drastis tanpa bisa melakukan pendinginan secara alami. Kondisi tersebut sangat mempengaruhi keja jantung dan paru-paru yang bisa mengakibatkan kematian.

Setelah itu barulah materi #SAFERUNNING dari coach Matias Ibo. Penjelasan tentang pentinganya warming up sebelum berlari dan cooling down setelahnya, posisi berlari yang benar, serta first aid untuk cidera olahraga. Pemanasan bisa dianggap sebagai persiapan sebelum berlari, bisa juga disebut sebagai proses adaptasi. Berlari tanpa pemanasan bisa menimbulkan cidera yang serius. Pemanasan pun tidak boleh asal-asalan, harus dilakukan dengan benar. Sedangkan cooling down diperlukan bagi tubuh untuk mencegah terjadinya heatstroke. Untuk berlari yang benar gimana ya?? Yang pasti pandangan harus tertuju ke depan, jangan ke bawah apalagi ke belakang. Tumpuan berada di kaki mulai dari tumit hingga jari-jari kaki. Untuk memulai long run biasanya dilakukan dengan cara berlari dengan kecepatan 50% dari kecepatan utuh pada saat start hingga 5-10 menit pertama selanjutnya dengan kecepatan utuh dengan menjaga interval berlari. Diusahakan jangan berhenti di tengah jalan atau pun berjalan agar perut tidak kram.

#SARERUNNING Pocari Sweat
Warming up session, dokumentasi @PocariID 

Setelahnya kami digiring keluar untuk melakukan pemanasan sebelum long run 5K. Untuk saya, pemanasan ini sudah cukup membuat saya ngos-ngosan. Karena pemanasan yang dilakukan sangat variatif mulai dari Dynamic Stretching, Running ABC, Weight Training/Core Stability seperti Squating Walls, Power House, dan lainya. Lalu diberikan penjelasan serta contoh tentang cara mengambil minuman di salah satu check point. Baru deh lari 5K.

#SARERUNNING Pocari Sweat
RunLyss team.

Dan saya hanya menyelesaikan 2.8K untuk malam itu. Maklum uda sering absen lari karena males, hehe. Yang saya rasakan saat itu tubuh langsung seger dan memang pemanasan yang tepat sangat berpengaruh untuk kondisi tubuh. Setelah itu ada pendinginan dan tentunya minum pocari sweat. Sebelum penutupan diberikan penjelasan tentang first aid saat berlari, bagi-bagi doorprize, trus pulang deh.

Jadi intinya acara pada malam itu adalah bagaimana kita bisa berlari dengan cara aman dan menghindari cidera. Terima kasih #SAFERUNNING Pocari Sweat dan @JababekaRunners telah memberikan pengetahuan baru untuk saya.

#SARERUNNING Pocari Sweat
dokumentasi @pocariID

Note: Tulisan ini hanya reportase pribadi bukan untuk kepentingan komersil.

20 comments:

  1. Aku suka lari ^^ tapi gak suka kalo rame-rame. Lari itu waktuku buat diri sendiri, pasang headseat ditelinga, terus lari deh

    ReplyDelete
  2. Lari ramai-ramai ky gt sepertinya menyenangkan,
    haha apalagi kalau acara larinya terlihat resmi :D

    ReplyDelete
  3. 2,8K ya mayan banget lah mbaa, kalo aku mungkin cuma sanggup 500 meter nonstop aja udah bagus :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger kok setelahnya.. kalo 5K baru deh aku K.O

      Delete
  4. waduuuh capek banget pasti mbak....

    ReplyDelete
  5. Ah, seru banget ini. Pengen ikuttt, kapan ya ada acaranya di Bandung :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ada acara pocari run nasional teh, kayaknya di BSD tangerang hihii

      Delete
  6. Replies
    1. kalo jalan sehat suka hadiahnya meskipun gak pernah dapet hihi

      Delete
  7. Replies
    1. bener, asal abis lari jangan makan nasi bebek hahah

      Delete
  8. ... and love is like an avalanche where you have to run for your life. Nah, knapa jadi love? ckckck

    ReplyDelete
  9. Pocarisweet memang bagus kok mbak, saya pernah dapat rekomendasi dari dokter untuk minuman ini. BTW acaranya bagus dan mengedukasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener kah? saya baru tau, makasih, Pak infonya.

      Delete
  10. saya gak kuat kalau lari jauh, Mbak hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^