Berlari Untuk Kesehatan Jantung

night run
Night Run pas acara #SAFERUNNING bersama Pocari Sweat
Di Indonesia, menurut Yayasan Jantung Indonesia, angka kematian akibat penyakit jantung mencapai 12% dari 240 juta jiwa jumlah penduduk Indonesia setiap tahun. Dari jumlah tersebut, hampir 50% pengidapnya ternyata adalah penduduk berusia 30-50, yang merupakan usia produktif. (sumber)

Mengerikan bukan jika di usia produktif seperti saya ini harus berhadapan dengan penyakit mematikan dikarenakan gaya hidup yang kurang (atau bahkan tidak) sehat. Bekerja atau begadang hingga larut malam, makan tidak teratur ditambah lagi dengan makanan yang tidak sehat, dan untuk beberapa orang ditambahi dengan kebiasaan merokok, plesnya lagi jarang olahraga. Gaya hidup tersebut sangat berpengaruh untuk kondisi tubuh dan organ penting kita terutama kesehatan jantung. Itulah sebabnya saya semakin rajin untuk ikut morning run atau pun night run dari klub lari yang saya ikuti, RunLyss. Yang menjadi sorotan saat ini sedang digembor-gemborkan penggunaan sepatu lari, karena masih banyak yang tidak menggunakan sepatu dengan tepat. Bahkan seorang member klub ada yang menggunakan sepatu pantofel saat berlari. Cari mati, kata saya.

morning run
Morning Run bersama Jababeka Runners
Coba lihat foto di atas saat morning run, seorang teman menggunakan sepatu futsal untuk berlari di jalan aspal dan dipastikan tingkat kenyamanan pasti akan berbeda dengan menggunakan sepatu lari. Di Zalora Indonesia terdapat banyak sekali sepatu lari khusus wanita yang memudahkan saya untuk berbelanja tanpa harus pergi ke Mall. Running shoes dibutuhkan untuk kenyamanan dan keamanan kaki saat berlari, karena di telapak kaki banyak sekali syaraf yang menuju organ penting tubuh tak terkecuali jantung. Membeli sepatu jangan cuma digunakan untuk gaya atau eksis saja, karena lebih baik digunakan dengan bijak dan memberikan manfaat bagi tubuh kita. Kesehatan adalah aset penting untuk masa depan, setuju?

Berlari memang bisa termasuk dalam kategori gaya hidup, positifnya, berlari adalah gaya hidup yang sehat, menjaga kinerja jantung agar tetap dalam ritme yang tepat. Selain menjaga kesehatan jantung, masih banyak manfaat lainnya seperti membakar kalori (syukur-syukur bisa menurunkan berat badan, hehe), meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meringankan stres, meningkatkan energi dalam tubuh. Lari juga bisa membuat kita semakin eksis, lho. Menggunakan kostum klub, sepatu lari kece, upload foto di media sosial, ngetop tuh, hehe. Yuk, jaga kesehatan janjtung kita dengan berlari.

klub lari samsung
Kostum baru RunLyss

12 comments:

  1. wah mantap lari" biar jantung sehat yah

    ReplyDelete
  2. selain night run ada juga color of run, urbanathlon Jakarta, Jakarta Marathon. Seru banget!

    mampir kak ke http://lantai-dansa.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. saya suka lari sambil jalan mba dan cuci mata, kwkwkwk

    ReplyDelete
  4. jantung jadi sehat, dan hidup pun tentunya juga sehat :)

    ReplyDelete
  5. sekarag aku juga rajin lari loh, berharap turun berat badan hehe

    ReplyDelete
  6. kadang males kalo lari ga ada temennya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^