Cara Mengatasi Googlebot Can't Access Your Site

Beberapa hari lalu saat saya sedang promosi blog di Pojok WB, salah seorang teman berkata kalau blog saya tidak bisa ditemukan, tapi saya tidak ambil pusing karena masih ada beberapa orang yang bisa masuk ke blog dengan adanya komentar yang masuk pada beberapa postingan. Hingga akhirnya pada 19 Mei saya mendapat email dari Webmaster Tools, yang mengatakan seperti tulisan di bawah ini:

Google Logo

http://www.gendhiss.com/: Googlebot can't access your site

Over the last 24 hours, Googlebot encountered 12 errors while attempting to retrieve DNS information for your site. The overall error rate for DNS queries for your site is 54.5%.

You can see more details about these errors in Webmaster Tools.

Langsung deh saya kelimpungan, seperti halnya saat pertama kali mengganti domain juga mendapat email yang sama. Saat itu saya menghubungi customer service tempat saya membeli domain dan agennya berkata untuk menunggu beberapa hari karena domain baru. Untuk kasus ini, hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek crawl error pada Webmaster Tools. Dan benar saja, DNS blog ini ada peringatan berwarna merah yang berarti DNS server tidak bisa dicapai. Setelah itu saya kembali cek DNS melalui intodns.com, dan mendapat jawaban yang sama, DNS error!


Akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi kembali customer service Idwebhost untuk memastikan masalah yang sebenarnya, dan berikut hasil percakapan saya dengan sang agen:

Cara Mengatasi Googlebot Can't Access Your Site
chatonomy dengan agen Idwebhost

Setelah menunggu beberapa hari, status DNS pada Webmaster Tools berubah menjadi kuning yang berarti timeout. Berbekal pengetahuan ala kadarnya, saya mencoba untuk masuk ke menu crawl dan pilih fetch as google, biarkan form url kosong dan pilih tombol fetch, setelah itu submit to index. Dan ternyata blog ini masih bisa terindex oleh google karena tidak ada peringatan kesalahan index. Dari sini sedikit lega.

Cara Mengatasi Googlebot Can't Access Your Site
menu crawl pada Webmaster Tools.

Setelah menunggu 2 hari, status DNS masih tetap kuning, saya memutuskan untuk mengelola DNS pada server di Idwebhost. Mungkin karena maintenance yang telah dilakukan jadi mengubah DNS yang sebelumnya ada. And, voila! Setelah DNS diperbaiki, status error pada Webmaster Tools langsung menghilang. Fiyuhh, lega, deh. Jadi untuk teman-teman yang mungkin mengalami kejadian Googlebot can't access your site seperti saya, sebaiknya segera menghubungi admin tempat kalian membeli domain. Dan semoga tips dari saya ini sedikit membantu.

29 comments:

  1. Alhamdulillah deh kalau sekarang udah njumbul blognya.. Mungkin kemarin lagi pelesir mbak ayu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk njumbul, kalo di aku njumbul artinya kaget, Om :)

      Delete
  2. Woooh gitu to caranya. Aku pernah juga ada peringatan begitu tp nggak paham, jadi aku teror aja adikku spy cepat2 betulin. Makasih infonya ya :D

    ReplyDelete
  3. mungkin kemarin mulai elah mbak... hehe

    ReplyDelete
  4. Berhubung aku belum pernah mengalami hal yang mba ayu alami, dan ini bisa jadi pembekalan untuk saya kalau ada apa2 dengan blog yang aku punya :D hehehe

    ReplyDelete
  5. Syukurlah skrg sudah normal kembali, ya. . .

    ReplyDelete
  6. duh, sempet ikut tegang... untung udah beres ya...

    ReplyDelete
  7. bukan bermaksud menjelekkan si penyedia domain tersebut, tapi beberapa teman juga sering trouble kalau pakai itu. Untuk deh udah beres ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa iya ta mbakk?? aku pilih dprovider ini karena gampang soalnya

      Delete
  8. Aku blm pernah kaya gitu sih, msh gretongan hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo bikin domain jiahjava.com sebelum diambil orang :)

      Delete
  9. Ini kejadian yang mirip dengan blog saya dan kebetulan menggunakan domai di idwebhost jg, dan tanggal kejadiannya pun sama. Sekarang udah stabil

    ReplyDelete
  10. oh! gitu cara mengatasinya, sip dech langsung di catet di kepala.. (: trims infonya & salam blogging

    ReplyDelete
  11. Terima kasih tipsya
    Sangat bermanfaat
    Saya juga selalu ngeFetch tiap ada artikel baru
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah udah balik normal lagi ya, mba Ayu.

    ReplyDelete
  13. saya juga mengalami hal yg sama, semoga cepet beres

    ReplyDelete
  14. kalau saya masih sering mengalami mbak tiap menambahkan blog TLD.
    walau pun sudah menghubungi pihak cs :(

    ReplyDelete
  15. mbak ayu, cara mengolah DNS di server idwebhost gimana mbak? kbtulan sya menglamai maslh eror DNS domain dri sana jga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^