Membuat Batagor Enak dan Gurih

Di rumah sendiri membuat saya semakin rajin masuk dapur dan mengutak atik segala macam bahan masakan. Minggu kemarin, selagi suami futsal saya mengolah daging sapi dan ayam yang tersimpan di dalam freezer selama 4 hari dan pas kebetulan punya tahu dan kulit somay. Karena daging baru saja keluar dari freezer, maka harus didiamkan hingga empuk lagi, diusahakan jangan direndam dengan air karena bisa membuat rasa daging jadi aneh, kalau kata orang jawa “sepo” jadi rasa dagingnya menghilang. Yang jadi masalah adalah saya tidak punya chopper atau pun food processor, biasanya sih kalau nyincang daging manual saja dengan mengandalkan pisau yang cukup besar dan kekuatan tangan. Kalau mau membuat batagor berarti daging harus benar-benar halus bahkan kalau bisa super lembut menyerupai pasta. Akhirnya saya memutuskan menggunakan blender dengan tabung yang kecil. Sebelum dimasukkan ke blender, sebaiknya potong daging menjadi lebih kecil agar cepat lembut. Dan sebaiknya cara yang saya gunakan ini tidak dicontoh karena pisau blender sedikit bengkok dan ada lemak yang nyangkut ke pisaunya. Pe-er banget pas nyuci. Nah, tips juga, kalau bisa gunakan daging tanpa tulang dan tanpa lemak agar memudahkan proses penghancuran. Daging ini bisa diganti dengan ikan tenggiri dan saya kepikiran untuk membuat bakso tahu dari udang untuk percobaan selanjutnya.

Setelah mencari beberapa resep dari internet, saya pun mengombinasikan beberapa resep dan menghilangkan bagian peyedap tambahan. Berikut resep batagor enak dan gurih ala emak-emak kesepian di rumah, hehe.

Bahan kulit batagor:
  • 10 buah tahu putih bentuk persegi, potong diagonal dan goreng setengah matang. Gorengnya jangan sampai matang atau malah gosong, ya, karena nantinya akan dikukus atau digoreng lagi.
  • Kulit somay instan. Pengennya sih pakai kulit somay buatan sendiri, sayangnya saya pernah mencoba membuat kulit martabak dan ternyata masih belum bisa membuatnya super tipis tanpa rusak.

Bahan isi batagor (sesuai yang saya gunakan):
  • 200 gram daging sapi, tanpa tulang dan lemak, cincang halus. Kalau mau instan ya beli aja daging cincang di supermarket
  • 125 gram daging ayam, buang kulit, lemak, dan tulang, cincang halus
  • 1 buah wortel buah ukuran besar, cincang kasar
  • 65 ml santan instan. Saya pakai santan kara
  • 250 gram tepung tapioka, bisa diganti dengan tepung sagu
  • 1 batang daun bawang ukuran besar, rajang halus
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas

Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdm merica bubuk
  • Garam dan gula pasir secukupnya
adonan betagor dan somay
Adonan batagor sebelum dimasukkan ke tahu atau kulit somay

Cara membuat batagor enak dan gurih:
  1. Siapkan mangkuk untuk mengolah adonan. Dalam kasus ini kan saya pakai 2 jenis daging jadi harus dipisahkan. Untuk wortel saya campur ke dalam daging ayam.
  2. Masukkan telur kocok ke dalam daging yang sudah halus dan aduk hingga benar-benar rata. Selanjutnya masukkan santan kental, bumbu yang sudah dihaluskan, dan tepung tapioka. Aduk rata.
  3. Masukkan daun bawang rajang ke dalam adonan dan uleni sampai rata dan sedikit kalis, maksudnya usahakan sampai adonan tidak lembek dan lengket.
  4. Ambil sedikit adonan lalu kukus atau goreng untuk mengetahui rasanya karena tahap inilah trial and errornya, hehe. Kalau saya sih digoreng karena lebih praktis. Tambahkan garam jika kurang asin, rasa sesuai selera, ya. Kalau mau ya silahkan ditambah msg.
  5. Setelah rasa adonan pas sesuai selera, isikan ke dalam tahu dan kulit somay.
  6. Siapkan kukusan. Lapisi kukusan dengan daun pisang atau lumuri dengan minyak agar tahu dan kulit somay tidak menempel di permukaan kukusan.
  7. Kukus selama 15 menit. Fungsi dari mengukus ini agar bakso tahu dan somay bisa disimpan di dalam freezer selama maksimal 1 bulan dan digoreng lagi kemudian.
  8. Jadi deh batagor enak dan gurih. Bisa disajikan dengan saus kacang dan saus sambal.

Batagor dan somay setelah di kukus
Batagor dan somay setelah di kukus
 Batagor Enak dan Gurih
Batagor dan somay siap disantap, nyammm
Seneng banget bisa membuat batagor enak dan gurih pada percobaan pertama dan tanpa penyedap tambahan. Setelah selesai dikukus dan didinginkan, saya mencoba menggoreng bakso tahu dan somay lalu menyajikan untuk suami dalam dua variasi yaitu goreng dan kukus. Wuala! Suami doyan dan bilang enak, senengnya... yukk mari dicoba, semoga resepnya bermanfaat.

31 comments:

  1. Jadi laper ni mba. baru liat aja udah nikmat..hhmm

    ReplyDelete
  2. Ooo...aku baru tau bahwa batagor itu ternyata pake santan ya bikinnya. Aku kira kayak pempek

    ReplyDelete
  3. yeayyy sudah rajin masak yaaa yu :)

    ReplyDelete
  4. Di Pontianak satu porsi (satu piring) Batagor ini dibandrol harga Rp.12.000,- (Dua Belas Ribu Rupiah) dan itu bagi saya harga yang layak dan dengan kualitas dan cita rasa yang enak heiheihie. Saya memang menjadikan Batagor ini menjadi salah satu hidangan FAVE saya. Terima kasih sudah membuatkan resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 pakk.. batagor emang enak banget apalagi sama bumbu kacang

      Delete
  5. Terimakasih resepnya. Kapan-kapan dicoba deh. Di tempatku batagor tidak terlalu famous jadi nyaris gak ada yang jualan makanan ini.

    ReplyDelete
  6. Waahh bumil ini rajin banget, jadi pengen cobain juga niihh.. nyaamm

    ReplyDelete
  7. Mak.. makasih ya tipsnya, jadi makin tahu resep membuat batagor atau siomay :D

    ReplyDelete
  8. wah ini sih makanan favorit saya, kalau hari minggu suka cari batagor

    ReplyDelete
    Replies
    1. skrng bikin sendiri mbakk biar lebih puas hehhe

      Delete
  9. Saya suka sekali sama udang Mbak, mau nyobain ah buat. Dagingnya saya ganti udang mumpung tadi pas ke pasar beli udang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga doyan sama udang mbaakk,, doyan bangettt

      Delete
  10. catet buat besok arisan makasih infonya mba

    ReplyDelete
  11. Ih bacanya jadi mau batagor... tapi beli di manaaaaa... :(

    ReplyDelete
  12. Wih, Kelihatannya enak :D
    Bisa dicoba nih...

    ReplyDelete
  13. Wiih...tangan kamu kuat berarti dong, Yuuuk. Hahaha
    Makin lihai masak skrg, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkw.. pegel2 mbak kalo abis cincang daging

      Delete
  14. Bikin batagor sendiri lebih babar ya mba ketimbang beli.,tapi aku kan pemalas orangnya nih jadi kalo suruh bikin sendiri banyak alasannya hahaha.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^