Perhatikan Beberapa Hal Ini dalam Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir
sumber: www.zwitsal.co.id
Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga perlu dijaga kebersihannya dengan memandikan secara teratur. Hanya saja karena masih belum bisa mandi sendiri maka anda selaku orang tua yang wajib melakukan hal tersebut. Tentunya tak mudah karena ia masih belum bisa memberikan respon yang berarti dan juga belum bisa melakukan gerakan-gerakan tertentu. Tak jarang diantara orang tua pemula yang tak berani untuk memandikan bayi mereka sendiri, tentunya anda perlu menyimak cara memandikan bayi baru lahir yang tepat terlebih dahulu.

Cara memandikan bayi yang baru lahir perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini, yaitu:

  • Suhu air, sebisa mungkin gunakan air hangat, namun juga dengan ukuran suhu yang semestinya, hindari menggunakan air dengan suhu terlalu tinggi, begitu juga sebaliknya, kulit mereka masih sangat sensitif terhadap suhu, agar tidak terlalu dingin atau bisa membuatnya melepuh anda perlu mengetes terlebih dahulu suhu yang digunakan.
  • Gunakan produk yang tepat, tak hanya sabun saja, melainkan juga shampo dan kosmetik bayi yang lainnya, pilihlah yang benar-benar aman dan sesuai dengan kulit mereka seperti Zwitsal, menawarkan beberapa macam varian untuk berbagai jenis kulit, terbukti aman dan cocok untuk kulit sensitif mereka.
  • Tak ada salahnya memberikan sedikit pijatan, mandi tak hanya untuk menghilangkan kotoran saja, namun bagi bayi juga menjadi saat untuk merangsang, jadi tak ada salahnya bagi anda untuk bermain juga bersama mereka.
  • Tetap pantau tali pusatnya, bagian yang satu ini memang masih sangat renta kemasukan air, selain itu tali pusat bayi baru lahir juga masih basah sehingga perlu pengawasan ekstra saat membersihkannya, akan lebih baik jika anda meminta yang sudah ahli dalam melakukannya jika masih belum mahir.
Berbeda dengan orang dewasa cara memandikan bayi baru lahir ternyata jauh lebih sulit, ada banyak hal yang dijadikan sebagai pertimbangan baik itu dari apa yang akan digunakan dan bagaimana langkah-langkahnya, namun jangan sungkan untuk meminta bantuan mereka yang sudah ahli untuk lebih amannya.

7 comments:

  1. Ini penting di baca oleh ibu-ibu pemula yang ingin belajar memandikan anaknya.

    ReplyDelete
  2. calon ibu sudah persiapan hihi lancar sampai proses kelahiran ya kak ayu.

    ReplyDelete
  3. meskipun saya masih lama,, tapi saya harus mengetahuinya caranya memandikan bayi biar gak kaget hehehehe

    ReplyDelete
  4. harus ada penanganan khusus ya untuk memandikan bayi, masih sensitif..
    tipsnya cocok banget buat ibu muda yang baru melahirkan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^