[PojokWBIdol] Kenali Dirimu, Nikmati Hidupmu

Onthel legenda
Onthel legenda dari jaman SMP hingga SMA, banyak kisah yang terjadi dengan sepeda ini. Masuk sawah, nabrak mobil, rem putus, hingga juara lomba sepeda hias.
Dua puluh lima tahun yang lalu saya dihadirkan Tuhan ke dunia yang indah ini, di dalam lingkungan keluarga yang cenderung keras dalam menerapkan disiplin terutama aturan yang dibuat oleh almarhum kakek. Layaknya remaja desa kebanyakan yang suka ke sawah, saya pun demikian. Alhasil kulit kopi susu yang manis menjadi ciri khas saya, padahal ayah dan ibu berkulit susu, hehe. Kehidupan masa kecil berjalan normal tanpa cela, hidup berkecukupan, prestasi bisa bersaing, teman pun berlimpah. Impian saya sejak kecil adalah bisa masuk ke sekolah unggulan dan mimpi itu terwujud dari bangku sekolah menengah pertama nomor satu di Lamongan dari jalur tes.

Berjuta kisah pun turut dimulai. Setiap hari harus bangun sebelum subuh untuk bersiap dan berangkat sekolah pukul 5.30 pagi dengan jarak 16 km menggunakan sepeda onthel yang dulunya milik ibu. Hal yang sama pun terjadi saat masuk ke sekolah menengah atas unggulan di Lamongan. Tetap dengan sepeda onthel yang sama dengan jarak lebh dari 20 km. Kalau dikata capek, ya capek, tapi sekolah tetaplah sekolah. Beruntung bisa mengenyam pendidikan di sekolah unggulan dengan sehat wal afiat. Masa SMP mungkin sedikit menyakitkan, karena ternyata saya baru mengerti arti pertemanan yang membedakan rupa. Tidak jarang saya mendengar kalimat, “hey, gadis ndeso”, atau julukan "else" yang artinya elek semangat pun saya terima. Ya diterima saja, nyatanya saya memang dari kampung, nyatanya saya juga tidak cantik, nyatanya pun saya punya semangat membara untuk sekolah. Meskipun saat itu saya kesal tapi ternyata saya bisa membuktikan bahwa omongan jelek mereka tidak menurunkan prestasi saya. Gadis kampung pun semakin mengepakkan sayapnya ke kota untuk kuliah di Surabaya. Berbekal beasiswa setiap semester, Alhamdulillah saya lulus tepat waktu dengan predikat cumlaude dengan bonus Tugas Akhir terpampang di koran Sindo dan Radar Surabaya. Anak kampung bisa eksis di koran, hehe. Stay positive :)

Momen indah, diarak saat wisuda bersama mas ganteng. Hanya yang berjuang yang akan memetik hasilnya. Berita tentang tugas akhir saya bisa dilihat di situs ini.
Bisa dikata saya ini orang yang keras karena watak tersebut ternyata turun temurun. Tapi justru watak keras tersebut yang bisa membawa saya dalam keadaan yang berjudul “Siapa Sangka”. Siapa sangka saya bisa lulus kuliah setelah terancam putus di semester 4 karena konflik perceraian orang tua. Siapa sangka saya bisa bekerja di perusahaan elektronik multinasional terbesar dan hidup mandiri di rantau. Siapa sangka saya bisa naik pesawat yang semasa kecil adalah angan. Siapa sangka? Tuhan lah yang maha tahu segalanya. Karena mau tidak mau kita akan hidup dengan skenario Tuhan yang maha dahsyat. Menjadi pekerja keras pun saya turuni dari ibu yang menjadi seorang single mom untuk dua anak gadisnya. Janji yang terpatri sejak itu adalah menjadi anak hasil broken home yang beretika dan mandiri. Bekerja keras dengan bersikap seolah buta dan tuli atas semua cibiran yang datang silih berganti. Percayalah, jika kita mengikuti arus cibiran tersebut, musnahlah kita. Bisa dikata pula saya ini wanita yang berpegang pada komitmen dan setia. Sebelum menikah, saya pernah pacaran sekali waktu kelas 3 SMA dan LDR tapi ujungnya diselingkuhi ketika saya mulai perkuliahan. Sejak itu rasanya susah percaya dengan pria mana pun hingga ketemu dengan si mas ganteng. Meskipun LDR 4 tahun dan berbeda pulau tapi nyatanya kami sama-sama berpegang pada komitmen dan akhirnya menikah. Hubungan memang tidak bisa dijadikan ajang coba-coba atau penjajakan, kalau komitmen satu ya satu jangan bercabang. Hati-hati kualat.

Akhir dari LDR adalah menikah
Meskipun selama pacaran kami LDR, tapi kami bisa membuktikan kalau komitmen akan berujung bahagia.
Kawan, kehidupan memang tidak bisa berjalan mulus seperti yang kita bayangkan. Ada kerikil, ranjau, bahkan bom yang akan menghadang setiap jalan yang akan kita tempuh. Yang perlu diingat, ada Tuhan yang maha segalanya. Kehidupan yang saya jalani mungkin boleh rumit, tapi saya tidak ingin membuat orang lain menjadi rumit ketika berhadapan dengan saya. Kesal karena dihina boleh saja, tapi sabar adalah penangkalnya. Masalah keluarga dan rumah tangga pasti akan selalu ada, tapi perjuangan tidak boleh berhenti ketika masalah itu datang. Masalah datang beserta penyelesaiannya dan masalah akan datang lagi beserta penyelesaiannya pula. Terlihat enteng, ya? Karena saya memang tidak ingin membuat semua masalah menjadi lebih berat dengan terpuruk. Selalu berpikir dan beraksi positif.  Dari sekelumit cerita pribadi yang saya ungkap semoga kalian semua bisa mengambil sedikit hikmah untuk selalu percaya akan kekuatan Tuhan. Nikmati hidup dengan bijaksana, sesekali bermalasan untuk melihat TV seri atau drama korea juga boleh, kok, hehe. Masa lalu boleh kelam, tapi masa depan harus siap untuk terang. Hidup ini indah, bahagia itu sederhana, bersyukur adalah kuncinya. Inilah saya, yang bangga atas predikat gadis kampung dan mampu mengangkat nama kampung, gadis keras kepala jika sudah punya kemauan dan impian, gadis yang suka berceloteh lewat tulisan karena di kehidupan nyata saya lebih suka diam, gadis yang setia jika sudah berkomitmen, percayalah. Ups, maaf, saya ini gadis yang sudah tidak perawan lagi.

Halo, perkenalkan, nama saya Ayu Citraningtias pemilik blog www.gendhiss.com, perempuan sehat dan berjiwa muda, sudah menikah, istri rumah tangga yang hanya patuh pada suami, dan sedang berikhtiar untuk mempunyai anak. Pesan saya, jangan pernah meremehkan kemampuan orang lain, karena Tuhan pun tidak pernah. Jangan berkecil hati jika tertimpa masalah, karena Tuhan punya hati yang maha luas. Kenali dirimu, nikmati hidupmu.

Postingan untuk Pojok WB Idol.

50 comments:

  1. Yu ni tulisan lm yg diremake ulang ya, soalnya pas ubek2 tulisanmu dari tahun k tahun aku uda baca heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbakk.. ada tantangan dengan tema yg sama, kalo repost kan gak keren jadinya nulis ulang dgn bahasa yg cara yg berbeda hehe..

      Delete
    2. live your life to the fullest :) Semoga cepat kesampaian utk punya momongan yah....

      Delete
    3. aamiin.. makasih bnyak mbakk :))))))))

      Delete
  2. Waah masyaa Allah..
    Tulisannya punya ruh tersendiri buat saya...
    Makasihb mbak cantik... atas motivasinya

    ReplyDelete
  3. Inspiratif dengan berbekal keyakinan, kerja keras dan doa bisa melampaui mimpi yang selama ini tidak mungkin terjadi. Keren mbaknya semoga kedepan sukses selalu. Salam kenal dari Malang mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. makasih mas sandi,, sukses buat kamu juga yaakk

      Delete
  4. Bagus nih kak.. Bukan cuma menulis tentang diri sendiri, tapi juga menginspirasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe.. kalo nulis diri sendiri jatohnya narsis wakakakak

      Delete
  5. aaaa terharuuu, kisah cinta nya membuat cerita ini seakan sempurna ya kak. :D

    ReplyDelete
  6. Kadang ejekan dari orang2 bisa bikin kita semangat juga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar.. memang gak boleh putus asa dengan ejekan orang

      Delete
  7. Hmm, kisah yang berujung pengokohan diri, setia itu adanya dalam komitmen, dan sudah dibuktikan. Semoga menjadi keluarga sakinah mawadah ya Dis :D

    ReplyDelete
  8. Itulah makna dari masa kelam, bukan? Pengalaman pahit membuat kita belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi, Allah meminta kita untuk lebih bersyukur dan menikmati hidup dengan penuh rasa syukur itu.

    Bener, jangan pernah meremehkan kemampuan seseorang, karena kita ga akan tahu sampai sejauh mana orang itu bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya.

    Tulisan ini menginspirasi banget, penuh dengan kata-kata motivasi :-)

    ReplyDelete
  9. kebanyakan orang yang jalanin ldr ga semulus mbak kaya gini

    ReplyDelete
  10. Foto waktu nikahnya...uhuyyy...

    ReplyDelete
  11. Siapa sangka kalau kehidupan kedepannya bisa bahagia dan indah bareng dengan mantan kekasih (suami) dan mudah-mudahan aja mbak yu bisa dapet momongan lagi yaa, semangat mbak yu :)

    ReplyDelete
  12. sebuah perjuangan pasti akan berbuah manis :)

    ReplyDelete
  13. "Masa lalu boleh kelam, tapi masa depan harus siap untuk terang"

    Nah! Kalimat ini mau aku jadiin semangat ahh.. :D

    ReplyDelete
  14. wah kisah kereen .. harus bisa membuktikan anak hasil broken home tidak semuanya membangkang, gagal , dan nakal .. kereen bisa lulus dengan cumlaude dan ta di pajang di koran :) semoga saya nanti bisa seperti itu kelak :) amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. kebanyakan image anak broken home kan rusak, saya mau jadi yg beda

      Delete
  15. Kereen LDR segitu lama dan masih bisa bertahan. Biasanya kan jarang yang bisa gitu, pokoknya semoga langgeng sampai kakek nenek ya mba ^^

    ReplyDelete
  16. Selalu senang tiap lihat 'anak kampung' yang bisa survive. Lanjutkan, Ayu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener,,jadilah naka kampung yang berprestasi

      Delete
  17. EEPIS itu metamorfosanya Poltek ITS kah ? Atau hanya yang ELKA? *menyimpang dr topik*

    ReplyDelete
    Replies
    1. EEPIS nama lain dari PENS,dulunya poltek ITS skrng uda pisah, jurusannya ada banyak kok

      Delete
  18. Kadang aku kok gimana gitu dg diriku, kemauanku krg kuat. Ya gitu deh

    smoga kehamilannya diperlancar ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti butuh semanga, Jiah..
      Ji, doakan aku hamil lagi aja yaaa

      Delete
  19. Stay positive Kak Ay! Aheeee!
    Langgeng sama bojonya yaaaa. :)))

    ReplyDelete
  20. Salut banget dengan perjuangan hidup non, so inspired 😘💞

    ReplyDelete
  21. Mbak, sepeda onthel milik ibu masih ada? foto agih.. ;) pajang disini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo uda daept fotonya aku tagin kamu ya mas

      Delete
  22. Semoga segera dikaruniai anak ya, mba Ayu. Semangat!

    ReplyDelete
  23. sungguh-sungguh inspiratif! pengalaman ldr nya boleh juga tuh. nggak semua ldr berakhir pahit, kalau sama-sama percaya, pelaminan adalah perhentian terakhir :")

    ReplyDelete
  24. nice story mbak :)
    semoga sukses slalu ya, dan cepat dapat momongan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^