Resep Pesmol Tanah Sunda

Selama 4 tahun tinggal di Cikarang ada banyak sekali makanan khas Sunda yang menjadi favorit saya karena sejatinya makanan Sunda tak jah berbeda dengan makanan Jawa. Pesmol tanah Sunda yang ada di warung Sunda di ujung gang kosan menjadi makanan yang tidak pernah absen masuk perut saya. Rasa pedas, asam, gurihnya berhasil membuat lidah saya bergoyang dengan lincah, perut pun senang. Dan baru-baru ini saya mencoba membuatnya yang didapat dari salah satu buku resep Yasa Boga. Berikut resep pesmol tanah Sunda yang bahan dan bumbunya tambal sulam sesuai keinginan hati, hehe.

Pesmol asli dari dapur bu Ayu
Pesmol asli dari dapur bu Ayu
Bahan:
  • 4 ekor (1 kg) ikan nila, bisa diganti dengan ikan gurami atau yang berdaging tebal lainnya dan saya lebih suka dengan ikan nila
  • 1 buah wortel, potong seperti korek api (0.5 x 0.5 x 3 cm)
  • 1 buah timun, potong seperti korek api (0.5 x 0.5 x 3 cm)
  • 2 lembar daun salam
  • 7 buah cabai rawit, biarkan utuh
  • 1 buah cabai merah, iris kasar
  • 4 buah bawang merah potong besar-besar
  • 1 buah jeruk nipis, bisa diganti cuka
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
  • 8 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 7 buah kemiri, sangrai
  • 1 sdt jahe cincang
  • 1 sdt kunyit cincang
  • 1 sm serai, iris tipis
  • 2 sdt merica

Sebelum ikan digoreng sebaiknya direndam dengan bumbu dulu yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Merendam ikan, dengan garam dan jeruk nipis saja, atau garam dan bawang putih. Sedangkan bumbu perendam ikan yang saya gunakan, yaitu:
  • 1 sdm jahe parut
  • 1 sdt kunyit parut
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm garam

Cara memasak:
  1. Rendam ikan dengan bumbu perendam selama 15-30 menit, tiriskan lalu goreng setengah kering. Jangan lupa sayat tubuh ikan agar bumbu meresap sempurna.
  2. Tumis bumbu halus sampai matang (jangan sampai gosong) dengan 3 sdm minyak.
  3. Tuangkan 100-200 ml air matang ke dalam tumisan bumbu, didihkan dengan api kecil sampai mengental. Tingkat kekentalan sesuai selera, kalau saya asal gak encer seperti air sudah cukup.
  4. Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis. Disinilah proses koreksi rasa. Saya tidak menggunakan bumbu penyedap tambahan alias msg, jadi tinggal mengatur penggunaan garam dan gula saja. Takaran bisa menggunakan sendok takar atau manual dengan feeling saja.
  5. Masukan potongan bawang merah, wortel, mentimun, dan cabai rawit utuh. Jika rasa sudah pas masukkan ikan dan segera angkat dari kompor agar sayuran tetap renyah.
  6. Pilihan kedua bisa juga siramkan bumbu yang telah dimasak ke atas ikan. Pesmol tanah Sunda siap dinikmati dengan nasi yang masih hangat.

Sebagai tambahan informasi, saya dan suami punya koreksi rasa yang sangat jauh berbeda, suami suka dengan asin dan gurih sedangkan saya lebih suka yang hambar. Pada awal dulu suami sering berkata masakan saya kurang asin dan gurih padahal menurut saya itu sudah terlalu asin. Beberapa kali saya menggunakan msg dalam masakan saya, tapi hasilnya saya yang aneh dengan rasa masakan tersebut. Akhirnya pelan-pelan koreksi rasa kami berdua cocok selama suami makan di rumah karena saya mulai mengurangi penggunaan msg hingga akhirnya sekarang masakan saya sudah bebas msg tapi Alhamdulillah tetap bisa menggoyang lidah suami, hehe.

18 comments:

  1. mirip ikan acar yaa .. ibu saya juga kalau masak ikan acar gitu deh kurang lebih sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. ada yg nyebut ikan acar juga soale pake acara timun dan wortel

      Delete
  2. wiss memang tak diragukan lagi mba ayu paling jago menggoyang lidah suami :)

    ReplyDelete
  3. jam segini liat makanan gituan, perut minta disko lagi kan~~

    ReplyDelete
  4. Resepnya memang menggoda selera. Sampai -sampai menggoyang lidah suaminya mba ayu :)

    ReplyDelete
  5. woooww..ini kesukaanku pisan
    ikan di pesmol :)
    plus sama nasi anget

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, teh..paling nikmat sama nasi yg masih ngebul

      Delete
  6. Dari dulu pingin bukin pesmol blm bisa

    ReplyDelete
  7. pesmol itu apa mbak saya ga paham wkwk. tapi makannya enak bener @_@

    ReplyDelete
  8. Duh, jangankan suami, lidah saya juga bergoyang 5,3 S.R liat masakan Bu Ayu :)

    ReplyDelete
  9. Wah mantaf nih masakan,,, jadi teringat masakan yang ada di rumah...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^