[PojokWBIdol] Bangunlah Blog yang Bermanfaat

[PojokWBIdol] Bangunlah Blog yang Bermanfaat
[PojokWBIdol] Bangunlah Blog yang Bermanfaat
Dunia blog beberapa tahun ini sepertinya memiliki sihir tersendiri untuk sebagian besar masyarakat dari segala macam kalangan, dari pengusaha hingga ibu rumah tangga, dari penulis hingga pecinta pensil alis. Mereka berbondong-bondong membangun sebuah blog dan mengembangkannya dengan tujuan masing-masing yang intinya memberikan manfaat untuk orang lain atau dirinya sendiri. Karena pada dasarnya membangun blog tanpa manfaat adalah hal yang sia-sia, buang waktu, buang tenaga, buang paket data, hehe.

Manfaat blog yang paling utama adalah mendapat kebebasan pers yang pada masa dulu sempat terpenjara. Dengan blog, setiap orang bisa menulis dengan gaya masing-masing, entah itu sebuah perjalanan wisata, teknik memasak gula-gula, atau sekedar opini publik semata. Dari sebuah blog, baik penulis maupun komentator bisa mengungkapkan opininya dengan bebas asal beretika, sopan, dan santun. Disamping banyaknya media sosial yang bisa digunakan untuk mengungkapkan “uneg-uneg”, blog masih menjadi juara pertama karena lebih bisa menulis secara gamblang dibanding media sosial seperti facebook dan twitter. Dengan adanya kebebasan pers tersebut, maka akan terjadi transfer ilmu antara penulis dan pembaca, berlaku timbal balik. Tak jarang, komentator bisa memberikan informasi tambahan kepada penulis sehingga bisa saling melengkapi ilmu yang dibutuhkan masyarakat.

Manfaat penting blog selanjutnya adalah sebagai sumber informasi terkini dan terpercaya karena saat ini blog bisa menyajikan informasi paling update tentang segala berita yang beredar di masyarakat. Tak jarang informasi tersebut disertai dengan analisa mendalam yang dilakukan oleh penulis untuk memberikan informasi yang lebih aktual. Blog memang layak disebut sebagai sumber informasi paling populer, karena mayoritas masyarakat akan lebih memilih panduan dari blog yang disertai dengan testimoni pribadi secara jujur. Informasi tersebut hebatnya dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Contohnya, saya sendiri mencari referensi gedung pernikahan dan wedding planner dari blog satu ke blog lainnya, seorang ibu rumah tangga tak jarang menilik blog dengan konten resep yang telah dipraktekkan oleh penulis, seorang traveller bisa mendapat informasi suatu tempat dari travel blog. Seorang manusia biasa pun bisa mendapat informasi tentang cara oprek ponsel, tutorial memasang bulu mata, tips membeli mobil, atau cara menghilangkan galau yang didapat dari blog. Bahkan, percaya atau tidak, konten porno pun tersedia di blog, karena peminatnya pun ada. Jutaan informasi ditulis dalam blog yang siap dilahap oleh siapapun yang mencarinya.

Manfaat lain yang baru-baru ini menjadi tren adalah blog sebagai ladang uang, sebagai mata pencaharian. Semakin banyak blog dengan tajuk toko online yang memang ditujukan untuk kegiatan jual beli, ada pula blog personal yang bisa menghasilkan uang dengan menerima jasa penulisan artikel. Kalau pun bukan uang, barang pun bisa didapatkan, misalnya beauty blogger mendapat sponsor, travel blogger mendapat endorse hotel gratis yang biasanya blogger memberikan timbal balik berupa review di blog. Baik uang, barang atau jasa, lalu lintas seperti ini membuat blogger menjadi lebih produktif dan terjadi perputaran ekonomi yang saling menguntungkan. Manfaat blog lainnya bagi masyarakat yang tak kalah penting adalah terbangunnya relasi baik itu antar blogger, antara blogger dan pembaca, antar pembaca, bahkan relasi dengan pihak tertentu seperti agensi atau advertiser. Kabar baiknya, terbangunnya relasi tersebut tidak hanya sekedar di dunia maya saja, tapi bisa menjadikan hubungan baik di dunia nyata pula. Saya pun mengalami sendiri, berawal dari saling berkunjung blog dan saling bertukar informasi bisa bertemu di dunia nyata yang akhirnya berteman baik dengan mereka. Hubungan relasi ini pun bisa membuka peluang baru yang kadang tidak terduga bagi kita, misalnya diundang ke acara launching produk dan bisa menjadi rekan bisnis.

Begitu banyak manfaat blog bagi masyarakat yang poin pentingnya seperti saya tuliskan di atas. Tidak terbayang jika blog itu tidak ada. Oleh itu, mari kita bangun blog yang memberi manfaat bagi masyarakat pun bagi diri sendiri. Blogging itu menyenangkan.

Tulisan ini untuk Pojok WB Idol

25 comments:

  1. blogger semakin menjamur setiap harinya mungkin tidak lepas dari gadget yang semakin canggih dan mudah digunakan untuk mengelola blog.

    saya sendiri awal ngeblog hanya ingin menjadikan diary internet tapi seiring jalan akhirnya tergiur juga untuk ngerasain $ dari blog.

    ReplyDelete
  2. ngeblog itu bukan sekedar cerita tapi saling berbagi informasi dan saling menjalin silaturahim. Awal mula saya ngeblog pun cuman iseng aja buat tapi makin hari udah berubah kayak buku yang pengen ditulis terus dan dibagikan dengan orang lain.

    ReplyDelete
  3. blog skrg ini bisa menjadi saran promosi para perusahaan dlm memperkenalkan produknya. saya terkesima pada donat dan minumannya hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaa.. banyak agensi nyari blog buat promosi

      Delete
  4. kalau aku dulu ngeblog karna pengen berbagi cerita siapa tau bisa menginspirasi sesama, asik

    ReplyDelete
  5. menarik.. thanks for sharing mbak..
    kalo sekarang saya ngeblog buat isi waktu luang sambil lepas unek2..hehe

    ReplyDelete
  6. Setuju Mak...Blogging itu menyenangkan :)

    ReplyDelete
  7. Pokoknyaa, jadi Blogger itu asyiiiik. sekrang makin menyenangkan. :D

    ReplyDelete
  8. buat buku diary elektronik.. bisa nih. hehe

    ReplyDelete
  9. blog yang bermanfaat pasti nggak cuma mendatangkan keuntungan buat pemilik blog saja, tapi juga buat banyak pembacanya! ayo terus ngeblog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini bener mas,, kalo bisa kan manfaat buat orang lain jugaaa

      Delete
  10. Setujuuu ayo ngeblog terus yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. Emang ya, tulisan dari blogger yang memang niat dan senang berbagi sesuatu yang bermanfaat itu lebih bagus daripada tulisan blogger yang niatnya cari duit. Tapi lebih bagus lagi kalo niatnya berbagi sambil nyari duit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keliatan sih mas,, tulisanku yg dibayar aja kadang beda dari karakterku hihi

      Delete
  12. Memang sih suatu blog dibangun berdasarkan tujuan awal dari si pembuat blog, tapi juga harus memperhatikan hakikat ngeblog tersebut, jangan karena tujuannya mencari uang, ngeblognya asal-asalan, tulisan asal kopas, banyak iklan di mana-mana. :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^