Cara Menghilangkan Kapur Mengerak di Keramik WC

Cara Menghilangkan Kapur Mengerak di Keramik WC
sumber: www.cleanipedia.com
Kerak kapur adalah suatu endapan kalsium yang biasanya ditemukan di permukaan dari peralatan rumah tangga yang sering terkena air. Biasanya sering ditemukan di daerah yang mempunyai kandungan zat kapur yang tinggi misalnya di sekitar gunung kapur. Sehingga tidak jarang jika kamar mandi dan keramik WC yang ada di daerah tersebut terdapat kerak kapur yang tidak jarang mengganggu.

Banyak tips yang ada di Cleanpedia yang akan membantu Anda untuk membersihkan kerak kapur yang ada di keramik untuk WC terutama di bagian yang dekat keran dan susah dijangkau. Pada intinya, untuk pembersihan kerak kapur yang ada di kamar mandi ataupun WC, Anda harus membersihkannya secara teratur sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Anda dapat menggunakan cairan pembersih kerak kapur agar kerak tersebut hilang dari kamar mandi dan WC Anda.

Cara untuk membersihkan endapan yang ada di sekitar keran yang ada di kamar mandi atau di WC yaitu:
  1. Siapkan kain bersih, pembersih kerak, air bersih, sarung tangan karet.
  2. Basahi kain bersih tersebut dengan pembersih kerak yang telah Anda persiapkan.
  3. Bungkus keran atau bagian yang terdapat kerak kapur dengan menggunakan kain yang sebelumnya telah dibasahi dan usahakan seluruh bagian tertutup.
  4. Siapkan cairan pembersih dalam cangkir atau gelas yang akan digunakan untuk merendam bagian ujung keran.
  5. Usahakan agar cangkir atau gelas menyatu dengan ujung keran.
  6. Biarkan sekitar 1 jam.
  7. Gosok dengan spons agar tidak menggores.
  8. Bilas.
Sedangkan, jika Anda memiliki kerak kapur pada keramik WC tepatnya di bagian bak yang digunakan untuk menampung air, Anda dapat menggunakan cuka. Cairan asam tersebut akan mampu untuk membersihkan kerak kapur yang mengendap di bak mandi. Caranya mudah, karena Anda hanya tinggal menuangkan cuka atau menggunakan penghilang kerak, jika dirasa kerak kapur lebih keras dan tebal, ke bagian yang berkerak. Diamkan selama beberapa saat kemudian sikat dan gosok bagian tersebut hingga kerak berkurang dan hilang. Bilas dengan air bersih.

Baca Juga : Cara Membuat Rak dari Kardus

13 comments:

  1. ya ampun skrg ada yg namanya cleanpedia segala...? Biasanya cairan pembersih kerak yang kamu gunakan apa nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pake pembersih lantai gak aku kasih air mbak, aku diemin lama trus digosok pake pisau hehe

      Delete
  2. Cara untuk membersihkan endapan yang ada di sekitar keran yang ada di kamar mandi atau di WC yaitu:
    1. Ambil hape
    2. Telpon Ayu
    3. Curhat ke Ayu
    4. WCnya ga akan bersih

    ReplyDelete
  3. keran kamar mandi tebel banget keraknya
    coba langsung praktek

    ReplyDelete
  4. baru aja mau nyari tips buat bersihin wc eh ketemu post ini, siaappp mau dicoba dl nih nanti sore hehe

    ReplyDelete
  5. Tias, bunda bacanya rada-rada bingung nih. Emang sih seringkali di closet itu di sekitar genangan sisa air di lubangnya suka ada seperti karat. Nah, yang mau dibersihin kan yang ini nih, koq yang dibungkus kran-nya...huhuuu...#bingungtapijangandiketawainya

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mbak infonya, ini masalah di rumah saya banget sampe pusing gmn ngilanginnya...

    ReplyDelete
  7. Dengam cuka juga bisa, ya. Baru tau. . . :D

    ReplyDelete
  8. terimakasih yaa , banyak orang yang rekomendasikan cuka buat bersihin wc ternyata bener .. bisa di coba .. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. saya coba dulu,,,, kebetulan ada noda yang membandel yang gak mau pergi nih :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^