Mencintai Sepatu dan Cara Merawatnya

Flat shoes untuk kerja
Flat shoes khusus untuk kerja dan dua-duanya berwarna hitam karena lebih netral
Sepatu atau sandal mempunyai peranan penting bagi keseharian wanita, tak terkecuali saya yang suka berburu sepatu saat diskon atau promo. Tapi bukan berarti saya suka mengoleksi banyak sepatu sampai berpuluh-puluh kotak, sih, semua masih dalam jumlah yang normal untuk ukuran ibu rumah tangga tidak bekerja, yang penting untuk segala kegiatan masih ada sepatu yang bisa mewakili. Dulu, saat masih bekerja di Samsung, di dalam kantor pun menggunakan sepatu khusus jadi saya hanya menyiapkan sepatu teplek untuk berangkat dan pulang kantor, hemat, kan? Hehe. Apalagi sekarang jarang ada acara penting atau formal, alhasil jumlah kotak sepatu pun berkurang.

high heels untuk kondangan
High heels dan saudaranya, dari kiri 3cm, 5cm, 7cm, dipakai kalau kondangan saja, sedang yang paling kiri pernah untuk kerja tapi sesekali saja karena gampang capek
Dari gambar di atas, saya punya tiga buah sepatu dengan heels yang bervariasi mulai dari 3cm, 5cm, dan 7cm. Tipe sepatu seperti ini paling jarang saya beli karena saya tidak terlalu suka dengan bentuknya yang bisa menyiksa telapak kaki saya. Jadi, jika ada acara yang sekiranya harus pakai high heels, saya selalu membawa serta sepatu atau sandal teplek sebagai penyelamat. Sepatu yang sebelah kiri dan kanan terbeli beberapa tahun lalu saat saya masih kerja sebagai syarat ke acara kondangan, haha. Sedangkan yang paling tengah dibeli sebagai seserahan pernikahan dan semuanya masih awet hingga sekarang. Sepatu ber-hak ini memang jarang saya gunakan, tapi masih sering saya bersihkan agar terawat dengan baik. Yaaa... agar tidak terlalu boros dalam membeli sepatu, toh pakainya pun jarang. Kalau tidak rusak sebisa mungkin tidak beli sepatu dengan heels tinggi.

sepatu sandal untuk liburan
Sepatu sandal untuk liburan macem ke pantai, kadang untuk ke mal juga meskipun di sini tak ada mal

Flip flop favorit
Flip flop favorit saaat ini, multi guna, bisa dipakai ke mana saja dan nyaman di kaki
Baca juga : Berlari Untuk Kesehatan Jantung

Saya sendiri paling suka dengan sepatu atau teplek untuk kegiatan setiap hari, entah itu ke supermarket, ke pasar, ke kantor suami, dan kemana pun yang sekiranya tidak membutuhkan formalitas khusus. Dasarnya memang nyama dan tidak ribet, tinggal flop kaki langsung masuk ke dalam sepatu. Kalau ke kantor mungkin saya menggunakan sepatu yang lebih formal seperti dua sepatu hitam di atas yang biasa disebut pantofel dan ternyata dua sepatu tersebut harus istirahat entah sampai kapan karena empunya tidak bekerja. Sedangkan untuk liburan saya memilih sepatu sandal untuk menghilangkan kesan formalnya.

  1. Jika membeli sepatu baru, jangan buang kotak sepatunya karena akan sangat barguna untuk menyimpan sepatu apalagi sepatu yang jarang digunakan.
  2. Jika sepatu tidak memiliki sol jahit, saya akan membawanya ke tukang sol sepatu jika lem sudah terlihat mengelupas sedikit. Karena rupanya masih menawan akan lebih bijak untuk menambah sol jahit agar lebih awet, hemat.
  3. Membersihkan sepatu: untuk bahan kulit dan karet cukup dengan lap basah dan keringkan, sesekali disemir sesuai warnanya untuk bahan kulit. Untuk bahan beludru saya menggunakan sikat gigi yang lembut yang dibahasi dengan air, setiap ada noda baru yang menempel harus segera dibersihkan agar tidak mengering.
  4. Untuk menyimpan sepatu sebaiknya letakkan koran atau busa pada sepatu agar bentuknya tidak rusak, masukkan ke dalam kotak dan letakkan silica gel dan kamper agar tidak bau.
  5. Jika mau yang instan gunakan pengering sepatu atau suede cleaner dan beli pelindung sepatu.
Nah itu beberapa jenis sepatu yang saya punya, sebenarnya ada sepatu kets dan olahraga juga sayang rupanya sedang tidak cantik untuk difoto jadi yang ditinggal saja. Ada yang bilang kalau sepatu itu mencerminkan kepribadian, ada benarnya juga, kalau sepatu bersih berarti yang punya rajin, kalau sepatunya merk mahal berarti yang punya mengerti fashion, begitu kali, ya, hehe. Dan semoga tips singkat merawat sepatu dari saya membantu teman-teman dalam merawat sepatu, ya. Kalau ada uang lebih dan diskonan pasti tidak melewatkan belanja sepatu, tapi berhubung sekarang ada yang diperut jadi harus hemat untuk persiapan masa depan, emak-emak, hehe.

30 comments:

  1. Oh, udah ga kerja di Samsung lagi? Aku pikie masih kerja di sana :)

    ReplyDelete
  2. Habis ini belanja sepatu buat baby ya yu.. :)

    ReplyDelete
  3. Koleksinya bagus-bagus...

    Iya harus telaten ya biar awet. Kan lumayan hemat bajet

    ReplyDelete
  4. Berguna banget kak infonya untuk aku yang hobi beli sepatu hahah

    ReplyDelete
  5. kok ga ada sepatu futsal sih ? oh iya, kan cewek ya, haha

    Salam kenal ya
    fajarumbi.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. saya juga suka pake sepatu teplek mbak,rasanya lebih nyaman dibandingkan memakai high heels :)

    ReplyDelete
  7. Sebagai seseorang begitu mencintai dan mengagumi sepatu ada baiknya mengikut tips mbak ayu buat, aku juga tidak suka membuang box sepatunya lumayan buat simpan sepatunya kalau sudah di pakai berhubung aku juga belum punya rak sepatu nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah bener mbaaa,, sayang mah kalo dibuang kotaknya

      Delete
  8. Cieeee Mbak ayuuuu belajar hemat nih, beliin sepatu buat dedek bayi nanti ya

    ReplyDelete
  9. Sepatunya hampir flat shoes semua ya, sama kayak aku. Kalo aku disimpen di wadah sepatu yang gantungan ada resletingnya itu lho. Ngga lembab dan keliatan kalo sewaktu2 mau pake sepatunya. Ngga ndadak buka-bukain kardus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, aku gak begitu suka sepatu ber-hak soale

      Delete
  10. Yang aku suka bingung kenapa alas sepatuku selalu menghitam gitu yaa? pdhal kan kaki masuk ke sepatu dlm keadaan bersih. klo alasnya kulit atau warnanya gelap gak kentara tp klo putih atau bahan kain kan keliatan tuuh...
    ada tipsnya gak mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soale kena injek terus mbaa makanya lama2 jadi hitam, kalo mau tetap bersih tambahin insole lagi dalamnya yg tipis2 aja

      Delete
  11. hbis kuelap biasanya msuk kotak hihihi
    sepatuku tak seberapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa bersihkan dulu sebelum masuk kotak biar gak bau haha

      Delete
  12. Kalau aku sih kalau udah suka sama sendal A bakalan dipakai terus sampai elek ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha eh sama aku juga gitu sih, tapi biasanya selalu sedia 2 sepatu dgn model yg sama kyk flip flop trisetku

      Delete
  13. hahah.. suka beli sepatu di matahari yah?? saya juga..

    Pecinta Bola Gabung di Sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. toosss dulu dong,,
      yakali disini cuma ada matahari haha

      Delete
  14. hahahha, sepatu olahraga gue juga sudah hancur lebur dan menggambarkan gue banget sebagai penganiaya sepatu... Thanks banget ya soal sharing tips merawat sepatu. Plg puyeng jaga sepatu dengan bahan beludru nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha berarti rajin olahraga dong mbaa ^^

      Delete
  15. Iyah bener banget tuh, klo beli sepatu jgn buang kotaknya, kan klo gak dipake bisa dimasukin ke dlm kotak biar gak berdebu dan jd awet deh sepatunya.

    Klo mau awet jg, sepatu/sendal segera dijahit sol nya biar gak keburu sobek/lecet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mbaa,, sepatuku tak jahit sol lagi biar makin awet soale banyak yg cuma sol lem aja

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^