Lulus Trimester Satu

Alhamdulillah, pada hari ini usia kandungan saya sudah 13 minggu 3 hari untuk kehamilan kedua ini setelah mengalami keguguran beberapa bulan lalu. Kehamilan kedua ini sengaja memang tidak saya tulis dalam blog ini secara detil seperti sebelumnya, karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan. Oleh itu, saya akan membuat tulisan untuk momen-momen tertentu seperti halnya kelulusan saya pada trimester satu yang cukup menguras emosi. Ceritanya, tepat dua bulan setelah keguguran, saya merasa kalo saya ini hamil tapi belum melakukan tes urin. Seperti ada feeling yang kuat padahal saya belum terlambat mens, hehe. Akhirnya nekad beli testpack dan ternyata ada dua garis meskipun masih sangat tipis. Untuk mengindari hal yang tidak kami inginkan, stop berhubungan intim dan melakukan pekerjaan berat, bahkan suami melarang saya nyapu, haha. Seminggu kemudian saya tes ulang dan ternyata dua garis semakin jelas. Alhamdulillah. Dan akhirnya kata positif hamil keluar dari mulut dokter saat usia kehamilan 6 minggu. Melihat kantung dan janin yang sudah tumbuh sungguh membuat saya terharu, Tuhan memang baik, Allah Maha Baik. Ada yang bertanya apakah saya promil, saya jawab tidak karena semuanya terjadi secara alami. Tapi saya dan suami tetap memegang prinsip untuk tetap hidup sehat, tetap mengonsumsi tauge secara rutin, hehe. Dan yang paling penting memahami masa subur meskipun kami berhubungan semau kami.

Baca juga : Keguguran

Pada trimester satu kehamilan ini, ternyata sangat jauh berbeda dengan kehamilan pertama. Kalau dulu, saya bisa dibilang tahan banting dan bisa melahap semua jenis makanan, berbeda dengan sekarang. Nafsu makan menurun jauh, bahkan dua bulan saya tidak makan nasi, hanya mengandalkan umbi-umbian sepeti ubi jalar dan kentang serta stok buah dan biskuit tidak boleh terlewat dan susu hamil. Semua makanan yang dulunya favorit seperti ikan, seafood menjadi musuh terbesar saya. Untungnya morning sickness tidak terlalu membuat saya teler dan hanya beberapa kali muntah. Menginjak bulan ketiga berat badan saya turun 2 kilo. Untuk mood, sepertinya saya memang menjadi lebih sangat emosional, mudah menangis dan marah. Sedihnya, suami harus dinas jauh beberapa kali untuk satu minggu, sedangkan dokter melarang saya perjalanan jauh, jadi harus di rumah sendiri dengan kondisi teler, makin cengeng, deh.

hasil usg usia 10w3d
hasil usg usia 10w3d
Baca juga : Kehamilan Pertama

Untuk vitamin, saya hanya mendapat asam folat pada bulan kedua dan ketiga, sekarang sudah mengonsumsi vitamin yang mengandung minyak ikan untuk pertumbuhan otak bayi. Sempat saya bertanya pada dokter kenapa saya kok tidak diberi obat penguat kandungan, dan jawaban sang  obgyn baik hati ini adalah, “Ibu keguguran dulu itu bukan karena kandungan ibu lemah, tapi ibu kebanyakan tingkah. Tidak ada flek, kan?” Nyessss.... Tertusuk perkataan dokter yang mebuat saya senyum pahit, haha. Jika dikilas balik memang benar kalau saya banyak tingkah, 3 kali naik pesawat, naik mobil puluhan jam, naik motor antar kota, angkut-angkut kardus saat pindahan, dan tetap berhubungan badan. Padahal sebelum itu semua saya tidak pernah mengalami flek sampai usia kandungan 9 minggu, langsung pendarahan besar di usia tersebut. Tapi, saya suka dengan tipikal dokter seperti ini, memberi obat yang diperlukan saja tidak seperti obgyn saya sebelumnya yang memberi penguat kandungan harganya jutaan. Sekarang sudah memasuki trimester dua, kondisi badan menjadi lebih baik, nafsu makan meningkat sangat tajam. Nyidam akhirnya keluar, hehe. Pada USG terkahir usia 10 minggu Alhamdulillah bisa mendengar detak jantung bayi mungil yang tumbuh normal dan sehat. Insyallah akhir bulan ini USG lagi, semoga bisa mengetahui jenis kelamin sayang jabang bayi, semoga kondisinya tetap normal dan sehat, semua organ terbentuk sempurna. Semoga ibunya makin percaya diri meskipun stretchmark sudah mulai bermunculan dan muka mulai kusam, semoga ayahnya tetap siang dan sabar menghadapi istrinya, hehe. Aamiin. 

28 comments:

  1. semoga dekbaynya sehat selalu ya mbakyuuu :*
    banyakin maemnyaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiinn, maniiss.. iya ini uda banyak banget mamnya

      Delete
  2. Mbak alhamdulillah ya udah gak mual, aku turun 8 kilo ini. Semangat ya Mbak!

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah, selamat mba, saya juga sedang hamil kedua nih, semoga sama2 diberi kesehatan dan kelancaran sampai proses melahirkan tiba, aamiin

    ReplyDelete
  4. syukurlaaaah... semoga kalian berdua dikaruniai kesehatan selalu ya... ^_^

    ReplyDelete
  5. Semoga ibu dan janin sehat selalu ya mbaa..
    Lancar terus sampai melahirkan :)
    Btw,salam kenal mba Ayu..

    ReplyDelete
  6. Ayo istirahat.... Smoga selalu sehat sampai lahir selamat

    ReplyDelete
  7. Kehamilan yang sekarang moga makin kuat dan ibunya juga kuat ya dan terakhir dede bayinya juga bisa kuat sampai 9 bulan nanti :)

    ReplyDelete
  8. semoga janinya sehat selalu sampe anaknya udah gede nanti y mba e

    ReplyDelete
  9. alhamdulilah. Semoga sehat selalu, ya

    ReplyDelete
  10. Alhamdullillah, semangat terus yaahh Yu :*

    saya dulu di week 16 dikasih tahu hasil USG klo Debaynya cowok :D
    apapun itu yg penting sehat terus yahh, Ibu dan Babynya :*

    ReplyDelete
  11. Selamat mbak. Semoga lancar sampai lahiran nanti ya.. :)

    ReplyDelete
  12. selamat mba. semoga sehat selalu dan lancar sampe melahirkan.

    ReplyDelete
  13. Selamat ya, Mbak. Semoga selalu diberikan kesehatan dan dimudahkan dalam persalinan nanti.

    uhuy, pengalaman trisemester I mirip dengan saya. kirain saya doang yg tidak ada kenaikan di bulan ketiga dan galau berat ketika ditinggal suami dinas luar, hehe.

    ReplyDelete
  14. sehat-sehat terus ya mbak ayu dan calon debaynya :)

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah, semoga selalu sehat ya, mba Ayu. <3

    ReplyDelete
  16. semoga makin sehat ya mba ayu :) aku gatau kalau mba keguguran, semangat dan jaga kesehatannya ya mba

    ReplyDelete
  17. Ah Puji Tuhan. Seneng bacanya. Tetep semangat dan semoga lancar ya. Cheeers ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^