Resep Terang Bulan Mini

Terang bulan mini
Ini dia terang bulan mini kreasi saya, wujudnya sedikit buruk tapi enak, kok, hehe
Siapa yang tak tahu terang bulan? Kalau di Jawa Timur, nama itu sangat populer tapi untuk di luar mungkin lebih populer dengan nama martabak manis soalnya selalu dijual dalam satu gerobak dengan martabak telur, hehe. Siapa pula yang tidak suka dengan cemilan yang empuk, manis, dan gurih ini apalagi disajikan dalam keadaan hangat, lebih pas lagi saat hujan rintik-rintik. Dan, merupakan suatu tantangan bagi saya untuk membuatnya dalam ukuran mini karena punya cetakan kue cubit.

Resep asli dari kemasan salah satu margarin, hanya saja saya sedikit mengubah takaran tepung dan airnya. Untungnya semua bahan yang diperlukan saya cukup familiar dan sedang ada stok plus ada bubuk cokelat. Sayangnya saat itu saya belum punya semacam pengaduk tepung atau ballon wisk sehingga saya mengaduk semua adonan menggunakan salah satu aksesori mixer, hehe. Dan untuk pengakuan, sebenarnya saya sudah cukup lama membuat terang bulan mini ini, lalu ternyata saya lupa saat ini membuatnya lagi. Jadi untuk mengingat saya tulis, deh, resepnya di blog ini. Semoga bisa membantu para pembuat cemilan pemula seperti saya, untuk para koki senior, mohon koreksinya, ya.
Bahan:
  • Tepung terigu 250 gram (saya masih belum mencari tahu apa itu tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah, jadi saya menggunakan tepung terigu segita biru saja)
  • Gula pasir 50 gram
  • Baking powder ¼ sendok teh
  • Baking soda ¼ sendok teh
  • Garam ¼ sendok teh
  • Ragi ½ sendok teh
  • Telur ayam 1 butir
  • Margarin 2 sendok makan
  • Cokelat bubuk 3 sendok teh
  • Air 300 ml

Topping:
  • Meises
  • Keju parut
Adonan terang bulan mini
Ini saya aduk dengan pengaduk dari mixer, hehe
Adonan terang bulan mini
Setelah ditambah margarin cair
Cara Membuat:
  1. Campur tepung terigu, baking powder, dan garam. Sebaiknya ayak terlebih dahulu agar tercampur rata, tapi saya tidak punya ayak jadi dikoyak saja menggunakan tangan, hehe.
  2. Tambahkan gula pasir dan aduk rata.
  3. Buat lubang di tengah adonan dan masukkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata.
  4. Tambahkan ragi instan lalu aduk rata.
  5. Bagi adonan menjadi dua. Pada wadah pertama tambahkan cokelat bubuk lalu aduk, pada wadah kedua biarkan original. Jika ingin menambahkan rasa lain juga bisa seperti teh hijau, red velvet, atau yang lain.
  6. Tutup kedua adonan dengan serbet bersih dan biarkan minimal 2 jam agar mengembang.
  7. Setelah itu tambahkan soda kue dan telur (suhu ruang), aduk rata.
  8. Tambahkan margarin cair (suhu ruang), aduk rata.
  9. Panaskan cetakan (jika tidak punya bisa menggunakan teflon), masukkan adonan setengah saja dan sedikit tekan untuk membentuk pinggiran martabak.
  10. Biarkan adonan sampai berlubang dan tutup hingga matang. Gunakan api kecil, ya.
  11. Angkat dan oleskan sedikit margarin lalu beri topping sesuai selera. Saya tidak suka susu kental manis jadi saya lewati.
  12. Nyamm, terang bulan mini siap disantap selagi hangat.

Adonan siap dimasak
Adonan siap dimasak
Sayangnya, suami menyantap pas sudah dingin karena terang bulan dibawa ke kantor untuk cemilan siang. Alhamdulillah suami dan rekan kerjanya berkata terang bulan saya enak, hehe. Seneng, dong, ya, baru pertama coba sudah berhasil. Untuk percobaan selanjutnya adalah kue cubit, yeay.

25 comments:

  1. waaaahhh enaakkk.. kalo tentang kuliner gini aahh.. jadi pingin.

    ReplyDelete
  2. waaaahhh enaakkk.. kalo tentang kuliner gini aahh.. jadi pingin.

    ReplyDelete
  3. Mba aku udah cobain masak resep dari mba ayu yang Mie Goreng Jawa tapi masa menggantikan daun sawi sama daun kol dan di tambahkan buncis resepnya gampang untuk di praktekan.. makasih ya mba udah berbagi resep :)

    ReplyDelete
  4. Waaah coba ah buat anak2 kalau malem2 hujan suka lapar. Tepung protein tinggi utk roti atau yg bertekstur lembut. Cookies yg rendah. Tapi mudahnya lihat foto di kemasan tepungnya saja, foto roti atau cookies.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. pake teflon yg ukuran rada kecil bisa mbaa :)

      Delete
  6. wahh akhirnya nemu jugaa, dari kemarin mamahku mau bikin terang bulan mini tp belum nemu resep yang pas, tak cobae yaa mbakyuu, tfs mbaak manis, muaahh :*

    ReplyDelete
  7. Looks delicious mbaaa... @.@

    ReplyDelete
  8. waaah ini sih kesukaanku
    hehehe terima kasih resepnya Tante
    nanti aku suruh ibu bikin juga

    ReplyDelete
  9. waaah mau coba juga duuh dirumah tapi biasanya kalau coba langsung pake tangan sendiri pasti selalu gagal -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini resep anti gagal, mba,, tidak dijamin sih hehehe

      Delete
  10. Minta dong mbak satu terang bulan mininya.. mau coba,,, entar kalo enak, saya mau semuanya, wkwkwkwkwkwkw :)

    ReplyDelete
  11. hmmm nyamiiii, disini juga namanya terang bulan. klo martabak itu martabak asin, ehh telor :D

    ReplyDelete
  12. Wahh kelihatannya enak nih tante
    nanti Ubay mau minta buatin sama Ummi ahh

    ReplyDelete
  13. pengen bikin tapi ga punya cetakannya :(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^