1.03.2016

Resep Peyek Kacang Tanpa Santan

Peyek kacang renyak dan gurih tanpa santan
Peyek kacang renyak dan gurih tanpa santan
Memasak, sudah menjadi satu kegiatan yang bisa membuat saya bahagia meskipun masih melihat resep tapi sudah percaya diri untuk mencoba resep apapun. Kalau dulu masih sering ragu dengan takaran yang akan digunakan, sekarang sudah sering menggunakan feeling. Meski baru pertama mencoba satu resep, Alhamdulillah hasilnya lumayan memuaskan dari segi rupa dan rasa. Benar kata bulek saya, memasak itu yang dibutuhkan adalah seberapa sering kita bermain di dapur, semakin sering maka akan semakin lihai. Mulanya dari memasak makanan untuk sehari-hari, sekarang sudah bisa mencoba resep kue-kue kecil seperti terang bulan, brownies kukus,  bolu kukus, maccaroni schotel, dan peyek kacang. Yang belum saya tulis resepnya, segera yaa, semoga bisa membantu teman-teman yang masih pemula seperti saya. Lainnya bisa dilihat pada label "Resep".

Jadi untuk malam tahun baru, saya sengaja membuat peyek kacang untuk cemilan sambil menunggu ramainya langit malam oleh kembang api. Ini kali pertama membuat peyek kacang bekal resep dari bulek, tapi Alhamdulillah sukses enak dan renyahnya. Untuk resep ini tanpa menggunakan santan karena ada beberapa orang yang suka menggunakan santan agar lebih gurih, tapi tanpa santan tetap bisa gurih, kok. Saya kasih bocoran resepnya, ya.

Bahan:
  • Tepung beras       300 gram
  • Tepung tapioka     75 gram
  • Kacang tanah       200 gram
  • Daun jeruk           10 lembar, buang tulang daun dan rajang halus
  • Telur                    1 biji
  • Air                        secukupnya

Bumbu halus:
  • Bawang putih   5 siung
  • Kemiri              9-10 siung, sangrai (ini kunci agar peyek renyah dan gurih)
  • Ketumbar         1 sdt, sangrai
  • Kunyit              3 cm
  • Kencur             2 cm
  • Garam              secukupnya
  • Gula                 secukupnya

Cara membuat:
  1. Siapkan kacang tanah, tumbuk kasar atau potong menjadi 2 bagian agar tidak tergelincir saat digoreng. Goreng setengah matang (sebentar saja), tidak digoreng dulu juga tidak apa tapi takutnya tidak matang.
  2. Kocok lepas telur ayam lalu campurkan dengan tepung, aduk hingga rata. Masukkan bumbu halus, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga membentuk cairan yang tidak terlalu kental atau cair. Sebaiknya adonan jangan terlalu kental agar peyeknya tidak tebal saat digoreng.
  3. Masukkan kacang tanah dan daun jeruk lalu koreksi rasa. Tambahkan gula dan garam jika perlu atau penyedap rasa  jika ingin rasa peyek lebih gurih.
  4. Panaskan minyak terlebih dahulu dan goreng dengan api kecil, goreng hingga kuning keemasan.
Baca juga: Resep Pepes Ikan Nila

Saya punya beberapa tips dalam menggoreng peyek kacang ini agar hasil yang didapatkan memuaskan. Pertama, pastikan dengan benar adonan tidak kental dan lebih baik sedikit cair karena saat pertama saya menggoreng adonan agak kental dan ternyata cukup tebal dan alot saat sudah dingin. Kedua, lebih baik gunakan wajan teflon bentuknya cekung daripada yang datar. Alasannya, saat menggunakan wajan yang datar, adonan peyek tidak bisa terjun bebas ke dasar wajan sehingga membuat peyek menjadi tebal, sedangkan dengan wajan cekung bisa membuat peyek lebih lebar dan tipis merata. Tips ketiga, jangan pelit minyak. Gunakan minyak yang banyak hingga setengah wajan dan panaskan terlebih dulu setelah itu goreng peyek dengan api kecil agar tidak cepat gosong. Tips terakhir, pasang kipas angin, hehe. Ternyata merasakan berlama lama di dapur demi menunggu peyek matang satu persatu, pantas saja ibu saya selalu menolak membuat peyek karena tidak kuat dengan panasnya. Kira-kira dua jam saya baru menyelesaikan semua adonan peyek kacang tersebut, untung kok hasilnya enak, renyah, dan gurih, terbayar deh panas-panasnya. Untuk isian peyek bisa diganti misalnya kacang hijau, kedelai, teri, atau udang, atau apa saja sesuai selera masing-masing. Tapi kalau saya, tidak begitu suka peyek isian udang karena lebih suka udang untuk hasil adonan basah bukan hasil yang kering. Nah, mudah kan resep peyek kacang tanpa santan a la saya, eh a la bulek maksudnya, hehe. Selamat memcoba, selamat memasak.

31 comments:

  1. Dari foto ini pernah liat di fb tempo hari hihi

    Aaa jd dicampur gitu yernyata, kupikir tepung beras thok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. pernah share di fesbuk hehe.. ada yang pake tepung beras aja sih mbaa..

      Delete
  2. Bikin peyek itu masya Allah kudu sabar banget ya. Dan sementara ini aku belum pernah berhasil jadi bagus. Mau nyoba resep ini :)

    ReplyDelete
  3. kereeennn Bumil satu ini, rajin ubek2 dapur ;)
    saya pernah buat tapi pake bumbu siap pake aja, xixixix males banget yah pengen yg praktis :D

    nanti kapan2 pengen coba buat yg resep ini aaahh, thx yaah Yu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk uda mulai bosen kalo diem aja mbaakkk :)

      Delete
  4. nah, saya kalau bikin peyek selalu kerasss mba.. wkwkk.
    cobain lagi ah pake cara mba :)
    tfs mbaa :)

    ReplyDelete
  5. Loohhh...saya malah baru tau mbak, kalau ada peyek yang dikasih santan, kara biasanya peyek dibikin tanpa santan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. peyek yang warnanya rada pucet biasanya pake santan :)

      Delete
  6. Belum pernah bikin kayak gini hhe..
    Ga bisa masak soalnya kalo makan pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta tolong istri aja yang masak, kang :D

      Delete
  7. cemilan andalan di rumahku dan selalu jadi buah tangan adalah peyek kacang mbak. tapi yang putih putih pakai santan.ini aku juga bawa ke jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. sama mbaa.. aku juga suka bawa peyek kalo pulang ke rumah

      Delete
  8. hmm.. banyak juga bahanya ternyata untuk buat peyek.
    jadi gitu cara buatnya. biasanya beli tinggal makan gak tau pake santan apa enggak.
    hobi ku yang ke 5 masak boleh juga nih di praktekin.

    ReplyDelete
  9. enaknya, ini kesukaan suami saya. kalo ibu mertua suka pake daun jeruk jug jd wangi banget peyeknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mbaa.. jadi ada sedep2nya kan kalo pake daun jeruk :)

      Delete
  10. Waa.. pernah nyoba mba dan gagal. Jadinya ga gurih. mungkin kekentalan kali ya.. tar coba lagi ah pake resep ini. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangattt mbaaa,, pake kemiri yg banyak yaa

      Delete
  11. Ngebayangin peyeknya, enak banget kriuk-kriuk. Tapi ngebayangin masaknya... Ripuh ya hhehe. Seru nih buat dijadiin weekendproject :D

    ReplyDelete
  12. enaknyaa, apalagi kalo dibikinin hehe

    ReplyDelete
  13. baru tau peyek pake telur segala bahnnya... maklmu, jarang nyobain peyek :")

    ReplyDelete
  14. Aku pernah bantu bulek bikin peyek. Duh, menyerah di tengah perjalanan saking panasnya dan saking ngga bagusnya hasilnya. Haha..

    ReplyDelete
  15. enak peyek, buth renyah ini. itu kacang tanahnya dibelah 2 mbak? apa ngga capek ngebelahnya?

    ReplyDelete
  16. Katany kalau tanpa santan emang kurang renyah. Tapi, nyatanya ini bisa kempriyik ya, Yuuk. :D

    ReplyDelete
  17. melihat penampilan peyeknya langsung ngiler. kebetulan saya penggemar berat peyek dan suka mencoba peyek peyek baru :)

    ReplyDelete
  18. rajin banget... saya belum tergerak, msh beli aja :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^