Resep Tempe Mendoan

Tempe dan menjes mendoan
Tempe dan menjes mendoan
Beberapa waktu lalu saya makan di restoran Jawa yang menyediakan tempe mendoan sebagai menu pendamping dan rasanya enak sampai nambah dua porsi dan ikut menghabiskan tempe mendoan milik suami, hehe. Sempat juga menjumpai pedagang tempe mendoan di jalanan Sampit, tapi kok saya tidak yakin dengan kebersihannya akhirnya gagal beli dan memutuskan untuk membuat sendiri karena sepertinya gampang dibuat. Biasanya saya juga membuat gimbal tempe atau tempe kemul alias tempe yang dibalut dengan tepung sebagai lauk pendamping dengan bumbu yang sangat mudah yaitu tepung terigu dicampur gula garam dan daun bawang saja atau tepung instan, hehe. Tapi selama ini belum pernah mendapat cita rasa seperti tempe mendoan, jadilah saya sensus resep dari beberapa blog dan ternyata masing-masing blog menerapkan resep yang berbeda. Ada yang menggunakan kencur, kunyit, tepung tapioka dan/atau tepung beras sebagai tembahan, dan sepertinya saya akan memodifikasi resep-resep tersebut menjadi resep tempe mendoan a la Mbak Ayu, hehe.
Bahan:
  • 1 papan tempe, tidak begitu panjang tapi tebal dan besar, potong sesuai selera (saya sih tidak suka lembaran yang terlalu tipis jadi potongannya masih agak tebal seperti gimbal tempe)
  • 1 papan tempe menjes, bulat dan panjang (tahu tempe menjes, kan? salah satu jenis tempe tapi kedelainya halus dan lebih empuk), potong sesuai selera (opsional ya karena tempe menjes ini rekues dari suami)
  • 250 gram tepung terigu, saya pakai merk segitiga biru
  • 1 sdm tepung beras, agar tempe tidak lembek dan lebih renyah
  • 2 batang daun bawang, potong halus
  • Air secukupnya

Bumbu halus:
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 cm kunyit
  • ½ sdt baking powder
  • Gula, garam, penyedap (bila suka) secukupnya

Cara membuat:
  1. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan bumbu halus menjadi satu. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kental (kentalnya harus pas, jangan terlalu kental atau encer). Masukkan potongan daun bawang lalu aduk hingga rata.
  2.  Panaskan minyak terlebih dulu dengan api kecil hingga di dapat panas yang konstan.
  3. Celupkan tempe dan menjes ke dalam adonan lalu goreng dengan api kecil hingga setengah kering. Tapi ini tergantung selera masing-masing, ya, mau digoreng sampai kering juga tidak apa, tapi jika ingin mendapatkan cita rata mendoan yang artinya setengah matang ya jangan sampai kering banget, hehe.
  4. Angkat dan tiriskan.  Tempe mendoan hangat siap disantap dengan cabe hijau atau sambel kecap.
Karena stok cabe hijau sedang habis, maka sebagai cocolan tempe dan menjes mendoan ini saya menggunakan sambel kecap super gampang yang di dapat dari blog Mbak Diah Didi, dengan bahan berikut:
  • 6 buah cabe rawit, potong kecil-kecil
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • ¼ sdt garam
  • Kecap manis secukupnya

Baca Juga : Resep Pesmol Ikan Nila

Jadilah tempe dan menjes mendoan plus sambel kecap sebagai sesajen untuk suami agar tidak berangkat lembur ke kantor, hehe. Sebaiknya langsung santap selagi hangat dan ternyata saya bisa melahap beberapa potong mendoan dalam waktu singkat. Maklum bumil jadinya rakus, hehe. Cemilan murah dan enak, kalau sehat atau tidak saya tidak menjamin, ya, teman-teman, karena yang namanya gorengan tetap saja bisa menjadi tidak sehat. Tapi hal ini bisa diakali dengan menggunakan bahan yang kualitasnya bagus, misalnya minyak baru bukan minyak jelantah, tempe yang masih fresh dan sebisa mungkin tidak menggunakan penyedap tambahan. Ternyata sangat mudah membuat cemilan yang sempat terkenal karena namanya dijadikan hak paten oleh seseorang. Yuukkk, mari membuat tempe mendoan dan mari menggendut bersama, hehe.

27 comments:

  1. makanan favorit kalo mendoan, ditempatku banyak tempe mendoan.
    enak banget ya mba makanya selagi hangat sama sambel kecap.. nyammii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. sedep banget pas masih anget.. masih, nih, mau?

      Delete
  2. sempat rame nih soal paten merk 'mendoan'

    ReplyDelete
  3. Wow siang siang sekarang langsung disuguhi aneka Mendoan yang luar biasa nikmatnya hieieiee Nyesel juga mampir ke sini. Perut saya langsung bereaksi keras alias kelafaran hahahahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan nyesel pak main di blog gendhiss,banyak resepnya hahha

      Delete
  4. lama nggak nge-blog,mbak ayu lagi hamil ya... hehe
    sdh brp bulan mbak?
    jadi ikut seneng, alhamdulillah :))
    semoga sehat selalu mbak ayu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah 5 bulan.. aamiin.. makasih ya sayang :)

      Delete
  5. Favorite banget mbak kalo aku makan menu sampingannya harus ada tempe mendoan memang :D

    ReplyDelete
  6. Aaaah mendoan... Paling enak dimakan pas baru mateng lagi musim hujan gini. Di Bali rada susah cari dagang mendoan, biasanya sih aku kalo masak tempe mendoan pake tepung bumbu langsung jadi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake tepung instan tinggal nambahi daun bawnag ya mbak hehe

      Delete
  7. Ya Allah, aku belum pernah nemu mendoan yang enak di Depok :(
    Noted resepnyaaa, mau nyoba bikiiin. Bumil ngidam mendoan juga ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngidam sih, mbak.. pengen aja... laahhh.. sama aja

      Delete
  8. oh pake tepung beras juga ya mbak.. aku suka bikin tapi tetep aja ga seenak beli.. penyakit kalau masak sendiri pasti deh gini huhu

    ReplyDelete
  9. Enak banget, Mbak. Sambal kecapnya juga bikin ngiler. Cabenya itu loh.... :D

    ReplyDelete
  10. ahh cemilan paporitku bangeuud inii

    *nyomot sepiring ahh :D

    ReplyDelete
  11. Wah, aku favorit banget nih mendoan. Coba ah

    ReplyDelete
  12. enak banget dimakan pas hujan aahhh sedap ;)

    ReplyDelete
  13. mendoan sih enak banget baisanya tinggal makannya saja. Di Cirebon sekarang sudah banyak yg jual mendoan

    ReplyDelete
  14. Coba ah, aku nyari formulanya nggak pas2, kadang ketipisan, kadang ketebelan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^