Resep Nasi Kuning Komplit Ala Royco

Resep Nasi Kuning Komplit Ala Royco
Resep Nasi Kuning Komplit Ala Royco
Resep Nasi Kuning Komplit Ala Royco - Masyarakat Indonesia seringkali menghidangkan nasi kuning hanya pada acara-acara yang spesial saja, seperti contohnya saja acara syukuran dan pernikahan. Namun, tidak jarang juga masakan dengan rasa yang sangat gurih ini disajikan untuk hidangan atau santapan keluarga. Karena rasanya yang sangat enak membuat para ibu rumah tangga penasaran mengenai bagaimana cara membuat nasi kuning tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah resep nasi kuning komplit yang begitu lezat dan gurih.
Baca Juga : Resep Macaroni Schotel

Bahan untuk membuat nasi kuning:
  • 1 ½  liter beras 
  • kunyit sepanjang 2 cm 
  • 2 buah biji kemiri 
  • 4 buah Bawang Merah 
  • 2 siung bawang putih 
  • 4 batang serai 
  • 2 buah Cengkeh 
  • 2 lembar daun salam 
  • 1,1 liter santan kental 
  • air putih secukupnya 
  • Penyedap rasa dari Royco

Langkah pembuatan nasi kuning yang enak dan komplit:
  1. Pertama-tama haluskan kunyit, biji kemiri, bawang putih, bawang merah dan tambahkan sedikit penyedap rasa dari Royco 
  2. Setelah bumbu tersebut halus maka tumis hingga mengeluarkan aroma yang harum 
  3. Setelah aroma harum keluar maka tambahkan santan kental dan masaklah hingga mendidih 
  4. Setelah itu masukkan bumbu tadi ke dalam beras, akan tetapi jangan beserta ampasnya, melainkan hanya airnya saja. Oleh karena itu, gunakan saringan.
  5. Setelah bumbu masuk ke dalam beras, masukkan juga sereh, daun salam, dan cengkeh. Kemudian aduk hingga merata 
  6. Tambahkan air hingga mencapai seujung jari dari permukaan beras tadi, kemudian masak beras tadi hingga air berkurang atau hingga nasi menjadi setengah matang dan sambil diaduk-aduk agar tidak mengkerak pada bagian bawah panci 
  7. Setelah nasi dirasa sudah setengah matang, maka kukuslah dengan air yang telah mendidih selama kurang lebih 15 menit 30 menit 
  8. Setelah nasi matang, maka anda dapat menjadikannya bersama bahan bahan pelengkap seperti contohnya saja, irisan telur dadar, kering tempe, ayam bumbu kecap, sambal goreng hati, sambal pedas manis, dan lain sebagainya sesuai dengan selera anda 
  9. Nasi kuning spesial dan komplit siap untuk di santap.
Baca Juga : Resep Tempe Mendoan

Cukup mudah bukan untuk membuat nasi kuning dengan resep nasi kuning komplit ini. Jika ingin cara yang lebih sederhana bisa menggunakan magic com untuk memasak nasi kuning, bahan dan bumbunya sama saja yaitu buang ampasnya. Menanaknya pun sama saja dengan menanak nasi biasa tinggal masukkan ke dalam magic com dan tunggu sampai matang. Setelah itu jangan buang daun-daun bumbunya agar aromanya tetap harum.

17 comments:

  1. buat piknik or menu sarapan di hari minggu

    ReplyDelete
  2. Belum pernah coba sih kalau bikin nasi kuning pakai magic com, biasanya bikin nasi liwet aja mbak. Kapan-kapan coba aaah :D

    ReplyDelete
  3. Aku pernah bikin ini mbak ayu untuk acara ulang tahun sahabat waktu kecil. Dengan berbagai menu juga dan nasi kuningnya di bentuk menyerupai kerucut hihi dan hasilnya alhamdulillah nggak gagal dan gurih haha

    ReplyDelete
  4. iya juga biasanya nasi kuning buat acara acara tertentu aja.
    bahan sama cara buatnya gak ribet juga, bahanya mudah didapet didapur rumah.
    itu kalo bahan segitu buat ukuran kecil ya mba?

    ReplyDelete
  5. saya makan nasi kuning biasanya kalau lagi ada acara dan menggunakan tumpeng, nggak pernah buat untuk santapan keluarga di hari biasa. tapi sepertinya boleh juga ini sesekali dibuat tanpa perlu ada momen tertentu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. daku mah sering mbak, soale nasi kuning di sampit rasanya beda dgn di jawa

      Delete
  6. Ga pake ampas, jd bersih ya nasinya

    ReplyDelete
  7. nasi kuning, favorit banget
    bisa prkatekin sendiri neh, makasih resepnya

    ReplyDelete
  8. Wah aku juga pernah bikin postingan nasi kuning loh hihi
    Cuma ga sekomplit yg di atas, without perkedel

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhaa itu aja belum komplit mbakk.. kurang ayam balado sama sambel goreng ati :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^