Novel Bekas Yang Memiliki Nilai Jual Tinggi

Novel Bekas Yang Memiliki Nilai Jual Tinggi Mempunyai novel yang banyak memang sebuah kesenangan tersendiri untuk Anda. Namun apabila novel tersebut sudah pernah Anda baca dan malah memenuhi rak buku, maka ada baiknya jika novel-novel tersebut Anda jual. Walaupun novel Anda merupakan novel yang bekas, namun Anda dapat melakukan beberapa cara agar nilai jual novel bekas tersebut menjadi lebih tinggi. Dengan mempunyai nilai jual tinggi maka tentu saja hasil atau keuntungan yang akan Anda dapat akan lebih tinggi.

Baca Juga: [Review] Critical Eleven

Ada beberapa hal yang dapat membuat harga novel Anda menjadi lebih mahal. Hal pertama ada dilihat dari segi isi atau jenis novel, dan hal tersebut adalah:
  1. Merupakan novel yang menyenangkan untuk dibacaNovel bekas tersebut termasuk dalam kategori yang seru atau menyenangkan untuk di baca oleh semua orang, biasanya memiliki alur cerita yang menarik dan tidak membosankan. Apabila dengan membaca novel Anda, seseorang menjadi lebih terhibur, maka tentu saja orang akan mau membeli meskipun dengan harga yang tinggi.
  2. Merupakan jenis novel yang susah di cariNovel bekas yang Anda miliki Anda termasuk novel langka yang banyak dicari oleh pecinta buku, biasanya novel-novel lama dari penulis yang sudah terkenal karyanya. Biasanya novel langka yang diterbitkan pada jaman terdahulu akan lebih mahal harganya dibandingkan novel keluaran terbaru.

Novel Bekas Yang Memiliki Nilai Jual Tinggi
Novel bekas, dok: bukukamus.com
Apabila novel yang Anda miliki adalah novel jenis itu, maka tentu saja Anda dapat memasang harga yang lebih tinggi karena memang novel tersebut sesuai apabila dibanderol dengan harga lebih mahal. Karena untuk saat ini mendapatkan novel yang langka yang keluaran beberapa tahun sebelumnya akan sangat susah. Maka penawaran harga yang Anda buat akan dengan mudah diterima oleh orang apabila orang tersebut sangat butuh novel itu.
Selain dari segi isi atau jenis novel, yang dapat membuat nilai jual novel Anda juga menjadi lebih tinggi adalah dalam hal perawatan atau penampilan dari novel itu sendiri. Apabila novel Anda dalam keadaan seperti ini maka tentu saja harganya akan lebih mahal, yakni:
  1. Novel masih dalam kondisi yang baikPastikan novel Anda masih dalam kondisi yang bagus dan terawat, mulai dari sampul sampai bagian dalam dari novel tersebut. Sebab apabila ada sedikit saja kecacatan maka tentu saja harga jualnya akan turun.
  2. Tidak ada bekas lipatan kertasDan satu hal lagi yang harus Anda perhatikan adalah tidak ada bekas lipatan kertas pada novel Anda, maka sebaiknya gunakan pembatas buku.

Keadaan dari novel adalah hal yang paling pertama dilihat oleh calon pembeli. Sehingga apabila penampilan dari novel Anda masih bagus dan masih terawat, maka orang akan lebih tertarik untuk membelinya. Dan juga sebaiknya dalam novel Anda tidak ada bekas kertas yang dilipat. Mungkin ini sepele, namun apabila Anda melakukan ini pastinya penampilan novel Anda akan masih seperti baru. Serta ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan juga ketika akan menjual karangan novel Anda agar harga jualnya menjadi lebih tinggi. Beberapa hal tersebut adalah:
  1. Menjual ke orang secara langsung, sebaiknya Anda menjual langsung ke orang yang butuh.
  2. Menjual dalam satuan dan usahakan untuk menang novel dalam bentuk satuan.
Baca Juga: [Review] Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Kedua cara ini adalah salah satu cara yang bagus jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lumayan dari hasil penjualan novel Anda. Karena apabila Anda menjualnya secara langsung maka tentu saja nilai jual novel tersebut akan lebih mahal, dan menjual dengan sistem satuan akan lebih memberikan banyak keuntungan daripada borongan.

28 comments:

  1. Kalo menurut saya ini bukan novel bekas mbak, ini seperti novel baru solanya sangat bersih rapi dan juga terawat, jadi pengen beli nih mbak buat baca2 saja di rumah :)

    ReplyDelete
  2. Novel best seller pasti laku dijualnya walaupun bekas. Aku jg sering jualin kolpri yg udah menuhin lemari hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener mba, apalagi novel2 jadul yg laris manis

      Delete
  3. Buku pengetahuan biasanya suka ada nilai jual yang mahal juga ya mbak Ayu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buku pelajaran sekolah ya mba, aku jaman SMP SMA suka beli buku bekas :)

      Delete
  4. Buku-buku yang sudah dibaca memenuhi ruangan, mau dibuang sayang. Akhirnya saya jual murah agar bisa dibaca oleh orang-orang yang tertarik membacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. daripada disimpen, kalo dijual lagi bisa ngasih manfaat dan dapat untung hehe

      Delete
  5. saya juga lagi kepikiran jualin novel2 lama karena toh udah gak pernah dilihat lagi... tapi gak mau juga jual murah... Sialnya novel2 lama itu udah kuning2 halamannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kertas koran ya mba jadi gampang kuning, tapi kadang eman banget mau jualin novel2 kesayangan :D

      Delete
  6. kalo soal novel aku nyerah
    pernah beli novel hanya sekali :D
    itu pun karena tugas Bahasa Indonesia, hehe

    ReplyDelete
  7. Iya mbak betul itu..apalagi yang limited edition

    ReplyDelete
  8. Saya biasanya abis baca Novel langsung digudangkan seadanya, tapi sekarang ngga lagi deh ternyata mempunyai nilai jual juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan digudangkan atuh mbak, beliin rak buku jadi perpustakaan pribadi :)

      Delete
  9. jadi kalau baca novel jangan dilipat ya, agar nilai jualnya tinggi, bagaimana dengan novel-novelku? kebanyakan lipatan karena sering dibawa bobo

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih gitu mba, mending pake pembatas buku :)

      Delete
  10. Bener mbak, ada novel/ buku/ komik yang dikoleksi oleh kolektor. Apalagi yg edisi/ seri terbatas. Bisa jadi investasi juga tu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, banyak orang yg pengen jadi kolektor buku2 bagus

      Delete
  11. Aku sayaang sih mba kalo jual novel. padahal ya nggak dibaca lagi kalo udah pernah dibaca. numpuk aja. huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa.. aku juga sayaangg.. tapi beberapa sudah aku kasih ke adikku drpd jual lagi hehe

      Delete
  12. nah, merawat buku ni yang agak riweh, apalagi kalo udah dipegang anak2, beah

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dijauhkan mbak dari anak2, bisa2 disobek2 :(

      Delete
  13. Aku kalau baca novel kebiasaan ngelipat halaman terakhir yg kubaca. :D

    ReplyDelete
  14. Biasanya yang mahal itu yg penulisnya terkenal kayak pram. Banyak yang ngasih harga gila-gilaan. Heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuulll.. novel2nya pram harganya semakin mahal

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^