Resep Brownies 6 SDM

Resep Brownies 6 SDM
Resep Brownies 6 SDM
Resep Brownies 6 SDM – Sudah lama saya tidak posting resep masakan, memang karena sudah jarang masak dan sudah malas ngeblog. Tapi kali ini saya akan posting satu resep andalan yang sudah saya coba beberapa kali, yaitu brownies 6 SDM (sendok makan) baik itu kukus atau panggang dengan oven. Terakhir saya membuat brownies panggang sebelum akhirnya memutuskan untuk menyimpan oven ke dalam kardus lagi karena sudah ada anjuran diet dari bidan dan obgyn, hehe. Tapi ya sesekali masih nakal untuk makan yang manis-manis (tanpa sepengetahuan suami, haha). Resep ini sederhana dan sangat mudah untuk diikuti, awalnya mendapat resep ini pun dari seorang teman yang saat itu sedang hamil dan doyan masak seperti saya.


Saat pertama saya membuat brownies 6 SDM kukus, teksturnya lembut dan tidak mengembang tapi tetap halus dan berongga seperti spons. Saya kira gagal karena tidak mengembang sempurna seperti bolu kukus, tapi ternyata saya salah. Brownies kukus saya malah dinyatakan berhasil oleh teman karena tekstur dari brownies memang tidak mengembang dan sedikit bantat. Karena penasaran, akhirnya saya mencoba lagi dengan teknik kukus baru terakhir ini panggang. Yuk, mari kita masuk ke dapur dan eksekusi brownies 6 sendok makan ini, berikut resepnya:

Bahan yang serba 6 sendok makan:
  • Tepung terigu serbaguna, saya pakai segitiga biru dan cakra
  • Gula pasir, blender hingga halus
  • Coklat bubuk
  • Air hangat
  • Minyak goreng atau margarin yang dilelehkan
  • 2 butir telur, gunakan yang kecil agar tidak amis
  • 2 sachet SKM cokelat, skip jika tidak suka
  • ½ sdt baking powder
  • Parutan keju untuk topping

adonan telur dan gula halus
adonan telur dan gula halus
adonan siap cetak ke loyang
adonan siap cetak ke loyang

Cara membuat:
  1. Mixer telur dan gula halus dengan kecepatan tinggi hingga warna menjadi putih, atau kocok biasa hingga mengembang.
  2. Ayak tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder, lalu masukkan ke dalam adonan pertama (telur dan gula yang telah dikocok) sedikit demi sedikit. Mixer dengan kecepatan rendah atau aduk biasa.
  3. Masukkan SKM, air hangat, dan terakhir minyak goreng, lalu aduk hingga rata.
  4. Olesi loyang dengan mentega dan taburi tepung terigu hingga rata. Masukkan adonan ke dalam loyang, jika suka bisa dimasukkan kacang mete atau almond.
  5. Kukus:
    • Panaskan panci kukusan yang sudah diisi air hingga mendidih, stabilkan api sedang dan jangan diubah lagi.
    • Kukus adonan selama 25 – 30 menit.
    • Lapisi bagian dalam tutup panci dengan lap kering dan bersih agar uap tidak menetes ke adonan.
    • Sesekali tes dengan cara tusuk adonan menggunakan lidi atau tusuk gigi.
  6. Panggang:
    • Panaskan oven selama 15 menit menggunakan api atas bawah pada suhu 180 oC.
    • Panggang adonan dengan api bawah selama 20 menit – api bawah dan atas 20 menit.
    • Keluarkan adonan dari oven dan taburi parutan keju, panggang lagi dengan api bawah dan atas 10 menit.
    • Lama pemanggangan tergantung jenis oven, sebaiknya tes dengan tusuk lidi.
  7. Selesai deh, langsung potong brownies selagi hangat.


brownies panggang
brownies panggang, teksturnya lembut di dalam krispi di luar
brownies kukus
brownies kukus, teksurnya lembut dan sedikit berminyak

Terkesan ribet? Tidak sama sekali, proses menyiapkan bahan sangat cepat dan saat mengukus atau memanggang bisa ditinggal mandi dulu. tekstur yang saya dapatkan dari brownies kukus lembut dan sedikit berminyak seperti bolu, sedangkan brownies panggang lembut di dalam dan kriuk di lapisan luarnya. Jika ingin menikmati selagi hangat bisa, tapi lebih nikmat jika brownies dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dulu dan disajikan dingin-dingin empuk ditemani susu hangat, hehe. Itulah resep brownies 6 SDM yang sangat mudah untuk dieksekusi, sangat cocok jika ingin cemilan yang cukup mengenyangkan tapi tidak ribet membuatnya. Selamat mencoba!

26 comments:

  1. Takaran air dan coklat bubuknya juga 6 sendok, ya mbak?
    Yang saya suka dari brownies yaitu teksturnya gak mengembang dan agak bantat. Makan sepotong juga udah berasa kenyang ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba, cuma 6 sendok saja.
      saya juga suka banget sama bronis, enak2 legit :)

      Delete
  2. wah..bisa di coba nih... yummy banget liat teksturnya,,,

    mba..boleh koreksi ngga..., itu yang ditusuk pake sapu lidi... , di ubah aja dengan kalimat di tusuk pake lidi..atau tusuk gigi..., karena pas baca sapu lidi.. kebayang sapu halaman... karena sapu ..itu artinya kumpulan lidi yg banyak.... maaf mba..cuma usul aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hokeee makasih mba koreksinya, heheh, segera diedit :D

      Delete
  3. bikin ngiker aja brownies mbak..

    ReplyDelete
  4. lihat gambar terakhir rasanya pengin nyomot hehehe
    salam sehat dan semangat

    ReplyDelete
  5. brownies nya enak dan sedap ya mb, jadi pengen coba, tapi ndak apa yang penting resep nya dapat :D hiks hiks

    ReplyDelete
  6. Aduh menu yang ini bikin membuat saya pengen buru buru pulang kerja deh mbak soalnya saya sudah lama belum makan lagi brownis jadi pengen sekali deh mencobanya.

    ReplyDelete
  7. Yammy...
    Pengen nyoba ah, soalnya resepnya gampang didapat dan prosesnya juga nggak bikin ribet :)

    ReplyDelete
  8. duh Gusti.... pagi pagi disughin beginian. mau buat ya males... mau beli ya jauh... baca aja dah

    ReplyDelete
  9. terimakasih mbak untuk resepnya browniesnya, sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  10. Wih sadis bikin laper, kalo aku gak pernah bikin, palingan beli hehehe

    ReplyDelete
  11. Saya pernah bikin juga mbak. Tapi tepung terigu diganti sama tepung ketan hitam. Enak banget ternyata :-)

    ReplyDelete
  12. Nyontek ah, gampang yah ngingetny smua 6 sendok :D

    ReplyDelete
  13. Wah, perlu saya infokan ke istri saya nih, Mbak. Biar saya bisa dibuatin brownis superlezat sesuai resep Mbak Ayu. :)

    ReplyDelete
  14. wah,,,,kue kesukaan putri saya nih, wajib dicoba dlm waktu dekat.
    salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
  15. Tampilannya oke banget, jadi kepingin banget brownismu Mbak, btw, air hangatnya juga 6 SDM juga?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^