April Hamsa dan Personal Branding

Keluarga Hamsa
Keluarga Hamsa, dok: Blog Mba April
April Hamsa dan Personal Branding – Pemenang kocokan Arisan Link minggu ini adalah Mba Aprillia Ekasari yang lebih dikenal dan ingin membranding dirinya sebagai April Hamsa. Hamsa sendiri adalah singkatan dari dua nama yaitu Ilham yang merupakan nama suami dan Sari adalah panggilan Mba April dari keluarga. Perjalanan ngeblog Mba April bisa dibilang cukup lama, karena sudah lebih dari 10 tahun yang dimulai dari tahun 2005 menggunakan platform Multiply dengan tujuan untuk mendokumentasikan tulisan-tulisan beliau yang pernah dikirim ke milis Sekolah Kehidupan. Dari Multiply, Mba April juga melakukan aktivitas seperti blogger kekinian, yaitu blogwalking, saling komen, dan kopdar. Sayangnya Multiply mati di tahun 2013 yang akhirnya membuat Mba April memindahkan tulisannya ke blog dengan self hosted di keluargahamsa.com. Kalau sudah pengalaman pasti kepikiran ya untuk membeli hosting sendiri, saya mah masih numpang hostingnya si embah, hehe.

Baca Juga: Lid Bahaweres, Blogger Jurnalis Keren

Sebenarnya Mba April punya beberapa blog lainnya, hanya saja hingga sekarang lebih fokus pada blog utama tersebut dan lebih menekankan pada tulisan berbau parenting dan gaya hidup ibu rumah tangga. Coba saja tengok blognya Mba April, banyak sekali tulisan tentang keluarganya termasuk tumbuh kembang dua buah hatinya, Maxy dan Dema, dan juga tulisan tentang dunia blog yang sedang digelutinya. Meski berjudul ibu rumah tangga, Mba April tetap aktif mengikuti beberapa event yang diselenggarakan untuk blogger. Dan beruntungnya, Mba April ikut berkembang dengan semakin eksisnya dunia blogging, terlebih lagi beliau tinggal di Jakarta yang notabene banyak sekali acara untuk blogger. Sebagai informasi, Mba April ini asli Arek Suroboyo lho, rek, tosss Mba, tapi suami saya yang orang Surabaya, hehe.

Dalam dunia per-blogger-an, menurut sudut pandang saya, Mba April ini sedang fokus tentang personal branding, buktinya saja saat memberikan selayang pandang tentang profilnya, Mba April dengan sengaja menulis ingin membranding dirinya sebagai April Hamsa, bukan Aprillia Ekasari. Terlebih lagi ada beberapa artikel dalam blognya yang membahas tentang personal branding sebagai seorang blogger. Tak dapat dipungkiri, dunia blog kekinian memang semakin kompleks dengan ini itunya, ada yang ingin dikenal sebagai beauty blogger, travel blogger, atau lifestyle blogger. Dan Mba April telah membuat brandingnya sendiri dalam blog bertajuk Keluarga Hamsa yang konsisten menulis tentang parenting dan lifestyle.

Pada postingannya yang lain dengan judul Peran Blogger Membangun Brand, Mba April mengupas tuntas tentang pentingnya blogger saat ini dalam menaikkan brand suatu produk/jasa yang sudah mulai dilirik oleh banyak pengusaha besar dalam dunia digital marketing. Saya akan mengutipkan beberapa kalimat penting mengenai branding dari tulisan Mba April yang pastinya akan sangat berguna bagi para blogger termasuk saya.

  • Seorang blogger harus punya atribut tertentu yang unik untuk memberikan identitas sehingga mudah dikenali dan dikembangkan secara konsisten. Contohnya, Mba April yang membranding dirinya dalam “Hamsa”.
  • Blogger harus punya kekuatan pada konten yang ditulisnya dan memastikan bahwa konten tersebut asli serta bisa menyampaikan pesan pada pembaca yang notabene sasaran pasar. Jika melakukan review sebuah produk/jasa memang sebaiknya mencoba produk/jasa tersebut, sampaikan kelebihan dan kekurangan secara jujur.
  • Jadilah blogger profesional yang tidak selalu menerima semua tawaran dari brand dengan kompensasi seadanya. Bukan berarti menolak rejeki, tapi dengan adanya rate card akan menjaga ke-profesionalitas-an personal branding kita sendiri sebagai blogger.


Itulah tiga hal yang bisa saya kutip dari blog Mba April mengenai personal branding baik itu untuk blogger maupun dari brand yang ingin bekerja sama dengan blogger. Saya sendiri cukup kagum dan iri dengan Mba April yang bisa mengikuti berbagai macam acara yang diadakan untuk blogger, karena dengan begitu personal brandnya bisa semakin dikenal dan jarak dengan beberapa agensi pun semakin dekat. Tapi ternyata, Mba April pun pilah pilih untuk menghadiri acara blogger tersebut, dari beberapa postingan yang saya baca, Mba April lebih mengutamakan acara yang berbau parenting dan lifestyle. Kembali seperti pada tujuan awal blognya. Setuju, sih, demi personal branding Keluarga Hamsa, hehe. Good to know, you, Mba. Semoga semangat ngeblognya tetap membara dan cita-cita membuat buku cerita anak segera terwujud. Sebelumnya, salam kenal, nggih, Mba.

18 comments:

  1. saya masih membangun personal branding nih mbak, semoga lekas ketemu :)

    ReplyDelete
  2. Branding keluarga emang banyak dibutuhkan pembaca sih, soalnya setiap saat pasti ada aja ya yang berkeluarga, jadi klo ada gambarannya dari blogger minimal jadi tau hihi

    ReplyDelete
  3. Unik banget nama HAMSA nya di ambil dari nama suami dan namanya sendiri :) boleh tuh dijadikan nama anak :)

    ReplyDelete
  4. iya bener. aku setuju dengan poin terakhir mbak hamsa. Karena kalo terima aja yang penting duit, itu perlahan bikin rusak tatanan rate blogger secara keseluruhan juga sih. Jadi apresiasi kerja keras blogger kian tidak dihargai

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya perlu undang-undang nih mbak hehe biar gak main harga sendiri

      Delete
  5. keren ya, mba April. Udah paham kalau branding itu membedakan dia dengan blogger lain. biar beda juga sama nama april2 yg lainnya hehe. sekalian gampang diinget kalo pas bewe :D

    ReplyDelete
  6. Sukses selalu mbak dengan personal brandingnya, saya juga jadi pengen nih.

    ReplyDelete
  7. klo blogger amatiran seperti saya malah boro2 ada tawaran, jadi nggak ada pilihan untuk dapat kompensasi :)

    untuk personal branding harus saya pikirkan dg mendalam, spaya mndapat yg pas

    ReplyDelete
  8. Nanti klo berkeluarga, kynya tetep jd Jiah bkn mama jiah

    ReplyDelete
  9. saya suka bangga deh sama blogger yang memiliki semangat yang tinggi, mudah2an aja blog saya bisa seperti mba april suatu saat nanti hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^