Cara Menggunakan AC Low Watt Agar Lebih Awet

Cara Menggunakan AC Low Watt Agar Lebih Awet
Cara Menggunakan AC Low Watt Agar Lebih Awet, sumber: daikin.co.id
Cara Menggunakan AC Low Watt Agar Lebih Awet - Menggunakan AC bukan hanya merupakan gaya hidup tapi sudah menjadi kebutuhan yang sudah umum di masyarakat, terutama di kota-kota besar yang terkenal dengan hawa panas dan keringnya. Termasuk pada keluarga saya yang harus punya AC minimal 1 kamar saja. Disamping karena udara panas, AC sangat membantu jika terjadi kabut asap, salah satu alternatif mendapat udara segar karena diluar asap yang tebal dan bau. saat pindah ke rumah baru pun langsung pasang AC, hanya saja saat itu harus pikir panjang mengenai masalah kapasitas daya dan pengeluaran listrik tiap bulannya. AC Low Watt adalah pilihan yang tepat di saat kita ingin mendapatkan manfaat dari sebuah AC sekaligus menghemat daya listrik. Memang, sih, AC daya rendah biasnaya lebih mahal, tapi bisa dihitung sebagai investasi asal dilakukan perawatan dengan baik.

Baca juga: Tips Perawatan Kulkas

Tak jarang, sebagian orang merasa cukup dengan membeli AC Low Watt terbaik dari merk ternama dengan harapan AC akan lebih awet. Padahal itu saja tidak cukup jika tidak disertai cara menggunakan AC yang baik dan benar. Kalau saya, harus mencari review sebanyak mungkin dari pengguna, cari kelebihan dan kekurangan masing-masing merk, bangaimana penanganan after salesnya. After sales ini menjadi hal yang sangat penting agar bisa melakukan perawatan dengan baik, onderdil mudah didapat, tersedia service center yang terjangkau lokasinya. Pertimbangan yang panjang dalam memilih AC, hehe.

Dari segi pengguna pun harus melakukan perawatan agar life time AC tersebut bisa lebih lama, manfaat tetap terjaga dan hemat karena tidak perlu keluar biaya servis. Lalu bagaimana cara menggunakan AC yang baik dan benar? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Pastikan PK AC cukup memenuhi kebutuhan ruangan
Sebelum membeli AC, pastikan terlebih dulu berapa luas ruangan dan berapa PK AC yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda menggunakan PK yang lebih kecil atau tidak sesuai dengan luas ruangan sehingga kompresor dipaksa bekerja secara maksimal. Ini yang mengakibatkan AC Low Watt cepat rusak. Untuk ruangan 4mx4m tinggi 4m, seperti kamar saya, masih mampu menggunakan AC 1/2 PK sehingga daya lebih kecil dan lebih hemat listrik.

Baca Juga: Memperbaiki Sendiri Mesin Cuci dengan Mudah

2. Jika AC baru dimatikan, jangan langsung dinyalakan kembali
Berikan waktu bagi oli kompresor dan gas Freon untuk beristirahat selama 1 – 5 menit sebelum Anda menyalakan AC kembali. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan keawetan kompresor pada AC Anda. Tipsnya, jauhkan remote AC dari bayi atau anak-anak agar tidak dibuat mainan, karena hal ini sering terjadi pada bayi saya.

3. Jangan biarkan ada pintu yang terbuka
Pastikan setiap Anda keluar masuk ruangan, pintu selalu ditutup kembali. Mengapa demikian? Karena begitu ada celah atau pintu yang terbuka, angin dingin akan keluar dari ruangan sehingga menyebabkan AC bekerja kembali menurunkan suhu dalam ruangan tersebut. Jika Anda terus membiarkan pintu terbuka, maka ukuran ruangan yang didinginkan menjadi jauh lebih besar dari seharusnya. Ini akan berdampak pada kompresor yang terus bekerja menjaga suhu ruangan dari yang diinginkan semula. Membeli AC Low Watt terbaik masih belum cukup jika Anda tidak memperhatikan hal mendasar seperti ini untuk menjaganya tetap awet.

4. Service dan cuci AC minimal setiap 2 bulan sekali
AC yang kotor di bagian evaporator, filter dan kipas tentu membutuhkan daya ekstra agar mencapai kondisi dingin yang ideal. Hal tersebut dapat mengakibatkan pemborosan pada daya listrik. Begitu juga dengan bagian outdoor yang kotor, pembuangan panas AC tidak bisa maksimal sehingga kompresor sering mati akibat terlalu panas. Itu sebabnya, rutinlah melakukan service dan cuci AC minimal setiap 2 bulan sekali agar kondisi AC tetap terjaga dengan baik dan menghasilkan dingin yang ideal.

Baca Juga: Tips Hemat Listrik

Nah, itu dia cara menggunakan AC Low Watt agar lebih awet. Usahakan untuk selalu melakukan cara-cara di atas, meskipun Anda memiliki AC Low Watt terbaik dari merk terkenal. Cara tersebut juga berlaku untuk semua tipe AC yang Anda miliki. Untuk servis sendiri, jika tidak memungkinkan dilakukan setiap 2 bulan, bisa dilakukan 6 bulan sekali, miniml untuk membersihkan kompresor. Semoga tips di atas bermanfaat bagi yang ingin atau sudah membeli AC. Dan, jangan lupa matikan AC jika di ruangan tidak ada orang, ya, agar hemat listrik dan mesin AC bisa istirahat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^