Cara Membuat Rak Dari Kardus Bekas

Kardus bekas yang akan disulap
Kardus bekas yang akan disulap
Kardus bekas sering kali menjadi sampah yang tak terhiraukan dan lebih sering dibuang begitu saja jika sudah tidak digunakaan. Saat pindahan dari Cikarang ke Sampit waktu itu, saya menggunakan 4 kardus yang cukup besar hasil menjarah dari kantor lama. Setelah semua barang terbongkar dan menempati lemari atau rak masing-masing, kardus pun nganggur dengan terlipat rapi di balik rak sepatu. Mau dibuang kok sayang soalnya kardusnya tebal, besar, dan masih bagus. Mau disimpan saja kok ya tidak enak dilihat jika mangkrak begitu saja, apalagi kan kami masih ngontrak di rumah yang tidak terlalu besar jadi keberadaan empat kardus besar itu cukup mengganggu mata.

Radar kreatif pun menyala dengan kencang. Ceritanya selepas makan siang dengan suami di rumah dan sebelum suami pun berangkat kerja lagi, saya meminta ijin untuk mengolah kardus tersebut menjadi rak sederhana. Setelah suami menyetujui saya lalu mengambil semua bahan yang akan digunakan. Tipe kardus yang saya punya adalah kardus yang cukup besar kira-kira setengah meter setiap sisinya, sehingga saya harus membongkar total kardus tersebut dan membuat sebuah kotak lagi. Sebenarnya lebih mudah menggunakan kardus yang ukurannya lebih kecil seperti kardus air mineral atau kardus tempat kertas hvs/A4 atau kardus apapun. Tapi lebih mudah jika punya kardus yang tebal jadi tidak perlu untuk menambah volumenya.

Rak sederhana dari kardus bekas
Rak sederhana dari kardus bekas
Berikut cara saya membuat rak sederhana dari kardus bekas:
  1. Siapkan kardus. Dalam kasus kardus milik saya, harus dibongkar ulang dan membuat kotak yang lebih kecil sisinya. Coba lihat gambar di atas. Jika kardus yang dipunya kecil maka tidak perlu untuk dibongkar.
  2. Lapisi kotak dengan kertas kado atau kertas apapun agar terlihat lebih cantik. Berikan lem atau double tip di setiap sisinya agar kertas tidak terlepas.
  3. Buatlah kotak lagi sesuai dengan jumlah yang diinginkan.
  4. Tumpuk masing-masing kotak menjadi satu secara vertikal. Lekatkan masing-masing kotak dengan lem tembak atau apapun untuk merekatkan. Saran saya, sih, mending lem tembak karena hasilnya bisa lebih rapi. Jika ingin kuat lagi tutup bagian tumpukan dengan lakban.
  5. Lapisi rak kardus dengan kertas yang bermotif lucu. Untuk sementara saya menggunakan kertas karbon coklat saja karena adanya itu, hehe.
  6. Rak sederhana dari kardus bekas, jadi deh.
Karena ini percobaan pertama maka hasilnya tidak terlalu bagus dan rapi tapi Alhamdulillah sudah berfungsi sebagai rak barang-barang yang cukup ringan agar tidak berantakan. Untuk percobaan selanjutnya semoga saya bisa membuat yang lebih rapi dan rak yang memiliki tutup seperti laci. Yuk, mari manfaatkan barang-barang bekas yang masih bisa difungsikan untuk mengurangi sampah. Semoge bermanfaat, ya.

62 comments:

  1. Kreatif abis
    Itu pinggirannya triplek ya,..biar kokoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kardus semua itu mbak, cuma ditumpuk jadi tebel hehe

      Delete
  2. kreatif banget mbaaaaa, gak kepikiran loh sama aku ,, mau nyoba bikin ah nanti lumayan lah budget anak kost hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe... maklum kelamaan nganngur jadi suka otak atik

      Delete
  3. Mbak itu kalau untuk rak buku mleyot ya? hiks.
    Tapi kreatif banget Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepetinya, tapi kalo bagian paling bawah bisa aman

      Delete
  4. Bener2 kreatif.. emang sayang sih klo kardus (apalagi tebel) dibuang gitu aja.. mending didaur ulang hehe

    ReplyDelete
  5. Wih, jadi pengin nyoba buat! :D
    Kayaknya unyu unyu gitu buat tempat buku timbunan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat rak buku ditebelin lagi yaa biar gak meleyot

      Delete
  6. Masyaa Allah mbaaaj gendhiiius kreatif bangeeeeeet...
    Mau saya prakteiin aaah.... mumpung di asrama pondok kardusnya berjamuran kemana mana...
    Mbaak tulisan ini sangat menginspirasiiii....
    Makasiiih yaaa

    ReplyDelete
  7. kereeenn deh IRT satu ini, kreatif ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,, memanfaatkan barang bekas dan waktu yang super luang mbaa

      Delete
  8. Dulu temen kost pernah ada yang buat beginian, sempat terkecoh juga awalnya tak kira lemari kayu, eh ternyata kardus :) Kreativitas itu : hemat + bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. kl buat majalah, asal di bagian bawah mungkin masih bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbakk.. daku yg berat taruh bawah, atas diisi mukena aja

      Delete
  10. keren keren ini mbak.. bermanfaat banget. thanks for sharing

    ReplyDelete
  11. Aku juga bikin tapi buat rumah bonekanya Kynan :p

    ReplyDelete
  12. Memanfaatkan barang Bekas menjadi layak pakai ya mbak

    ReplyDelete
  13. kreatif maak, tinggal di kasih pernak pernik atau hiasan biar makin ciamikk engga bosenin jadinya si lemari hehe :D

    Salam,
    Leeviahan Blog

    ReplyDelete
  14. Kreatif banget. Tinggal dipoles dikit lagi biar cantik. Bisa dilapisi kertas kado. :D

    ReplyDelete
  15. kreatif banget mungkin agar lebih berwarna bisa dilapisi kertas atau di cat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cat bisa leleh kayaknya jadi mending ganti kertas yg llucu aja

      Delete
  16. Aku pernah nyoba bikin ini tapi dia meleyot terus. Gimana ya caranya biar bisa tegak dan tidak melengkung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pake kardusnya tebel banget mbak trus bagian pemisahnya kau tumpuk jd kuat

      Delete
  17. kreatif, tp kalo buat buku kuat ngga ya?

    ReplyDelete
  18. wah keren banget mbak, segala sesuatu kalo digunakan dengan baik pasti bermanfaat yah termasuk kardus ini loh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, harus pandai melihat kondisi hehe

      Delete
  19. tidak menyangka akan sebermanfaat ini, biasanya kardus langsung saya lemparhehe

    ReplyDelete
  20. Aku sring nih ngutak-ngatik barang bekas seperti kartus yang tak terpakai jadi sesuatu yang berguna. Buat tempat bross misalnya. Tapi baru ngeh kalau kardus ini juga bisa dibuat rak, ya :D

    ReplyDelete
  21. Wah, kreatif sekali mbak punya ide. Mau juga praktekkin nih, kebetulan dirumah banyak stok kardus yang tidak terpakai.

    ReplyDelete
  22. wah cocok untuk menyimpan barang-barang yang ringan. ini pasti idenya Mac Gyver

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mac Gyver siapa ya? hehe, aku mah ngandalin radar aja mas

      Delete
  23. kreatif banget dah,,asal tak kena air pasti kuat ya

    ReplyDelete
  24. nemu aja caranya...
    ini pasti yang bikin suami mu kan yu? *sotoy
    btw klo kardus nya di lukis / di kasih corak batik, kayaknya keren tuh yu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sotoy kannn.. daku dewe yo yg buat hahaha
      entar klo bikin lagi om tak bikin yg bagus

      Delete
  25. Mungkin kalau double wall bisa lebih kuat ya? Aku ada nih kardus2 tebal. Coba ah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^